KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA

Bangkit Wicaksana, NIM.: 14410126 (2021) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA)
14410126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA)
14410126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri merupakan bekal yang sangat dibutuhkan seorang individu termasuk peserta didik untuk memaksimalkan potensi dirinya. Dengan kepercayaan diri menjadikan peserta didik lebih yakin dengan kemampuan dirinya tanpa merasa minder atas kekurangannya sehingga tercipta aktualisasi diri yang positif. Dikarenakan latarbelakang dan lingkungan yang berbeda-beda tidak semua peserta didik memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Masih ada sebagian dari mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah yang cenderung bersikap pendiam, pemalu, tertutup dan sulit untuk berkomunikasi. Keberadaan seorang Guru PAI di sekolah berperan membantu peserta didik untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik khususnya mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi kepercayaan diri peserta didik dan bagaimana kreativitas Guru PAI dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SD NU Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan sumber data Guru PAI dan peserta didik kelas IV SD NU Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipant, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa uraian deskriptif yang panjang, dan yang terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi kepercayaan diri peserta didik di SD NU Sleman Yogyakarta sudah cukup baik namun masih ada sebagaian peserta didik yang memeiliki kepercayaan diri rendah dengan ciri-ciri malu-malu, bersikap tertutup, sulit untuk berkomunikasi, pendiam, takut dan ragu untuk tampil di depan umum. Kepercayaan diri peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pola asuh keluarga, teman sebaya dan lingkungan sekolah. 2) Bentuk-bentuk kreativitas yang dilakukan oleh Guru PAI dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik adalah: a) memberikan motivasi, b) memberikan apresiasi, c) membangun komunikasi aktif, d) melakukan pendekatan kepribadian, e) berkerjasama dengan guru dan orangtua peserta didik. Langkah-langkah kreativitas Guru PAI dalam menngkatkan keprcayaan diri adalah melalui proses pembelajaran, kegiatan keagamaan dan kegiatan ekstrakurikuler.3) Hasil dari kreativitas guru dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik terdiri dari a) berani tampil di depan umum, b) optimis, c) tanggungjawab, d) terbuka dan aktif berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nahdlatul Ulama; Potensi diri; Pola asuh keluarga
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:51
Last Modified: 02 Dec 2021 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum