KETERCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING DI SMA N 5 YOGYAKARTA

Indah Sari, NIM.: 17104010008 (2021) KETERCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING DI SMA N 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING DI SMA N 5 YOGYAKARTA)
17104010008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KETERCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING DI SMA N 5 YOGYAKARTA)
17104010008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi dewasa ini terjadinya pandemi yang berdampak pada dunia pendidikan sehingga mengakibatkan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara langsung dan dialihkan menjadi pembelajaran daring. Perubahan ini menuntut kesiapan dari pemerintah, pendidik, peserta didik, maupun orang tua dengan keterbatasan yang ada. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh KPAI dan FSGI menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih berorientasi pada ketuntasan kurikulum, sehingga hal ini memungkinkan hanya memberikan dampak instrucsional namun tidak memberikan berdampak pengiring pada sikap dan penghayatan nilai pada peserta didik. Padahal pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir namun juga penghayatan nilai-nilai yang terkandung dalam materi pembelajaran. Aspek sikap spiritual merupakan hal yang urgent dalam PAI. Sebagaimana tujuan PAI itu sendiri membentuk watak dan perubahan perilaku. Sehingga penilitian ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana ketercapaian kompetensi sikap spiritual peserta didik pada pembelajaran PAI sistem daring Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field rasearch). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran PAI sistem daring di SMA N 5 Yogyakarta dilakukan melalui WA Grup, Google Classroom, dan Google Meet. Dalam pembelajaran pendidik menggunakan berbagai media dan metode pembelajaran agar memudahkan peserta didik dalam belajar. 2) Kompetensi sikap spiritual peserta didik di SMA N 5 Yogyakarta dicapai melalui penanaman nilai-nilai sipirtual dengan metode pembiasaan ibadah harian di rumah, pemberian nasehat, dan pengintegrasian nilai-nilai akhlak pada setiap mata pelajaran. Melalui upaya tersebut menunjukkan hasil bahwa peserta didik mencapai kompetensi sikap spiritual berdasarkan indikator ketercapaian kompetensi sikap spiritual 3) Kendala yang dialami selama pembelajaran daring berupa keterbatasan sarana dan prasarana, seperti jaringan yang tidak baik. Sedangkan dalam mencapai kompetensi sikap spiritual, pendidik memiliki kendala yaitu sulitnya melakukan pemantauan dan bimbingan secara langsung. Adapun hasil penelitian ini direkomendasikan untuk memperkuat kerjasama dengan orang tua dan melakukan pengawasan yang lebih memadai agar kompetensi sikap spiritual peserta didik dalam pembelajaran daring dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Sistem daring; Kompetensi sikap spiritual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:53
Last Modified: 02 Dec 2021 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45345

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum