OPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

Reina Putri Aziza, NIM.: 14430091 (2021) OPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG)
14430091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG)
14430091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah membaca permulaan merupakan masalah utama yang ada di sekolah khususnya pada anak usia dini. Guru dihadapkan pada anak didik yang mengalami kendala dalam membaca permulaan. Sebagian besar anak sudah mampu dalam menunjukkan dan mengutarakan huruf alfabet [A-Z], namun masih terdapat anak yang masih kesulitan dalam membedakan huruf [B-D-M-N-P-Q], dalam membaca kata dan gambar masih terdapat anak yang kurang lancar dalam membaca, serta dalam mengenali huruf vokal dan konsonan anak masih kesulitan membedakannya, serta dalam membaca kata dan gambar masih terdapat anak yang belum lancar dalam membaca. Tujuan penelitian yaitu, mengetahui bagaimana kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B Di RA Muslimat NU Congkrang 2 Muntilan. Bagaimana upaya guru dalam mengoptimalkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B Di RA Muslimat NU Congkrang 2 Muntilan Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang RA Muslimat NU Congkrang 2 Muntilan. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan cara mengamati anak didik, wawancara dengan kepala sekolah, guru, anak didik, dan dokumentasi Di RA Muslimat NU Congkrang 2 Muntilan. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kemudian dalam pemeriksaan atau pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini yaitu, sebagian anak sudah dapat membaca gambar, menunjuk dan mengucapkan huruf dan kata, menyusun huruf menjadi kata, dapat mengelompokan huruf vokal dan konsonan, serta masih ada anak yang belum berkembang dengan baik dan masih meminta bantuan kepada guru atau teman yang lainnya. (2) Upaya guru dalam mengoptimalkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini yaitu, memberikan bimbingan. Bimbingan yang diberikan guru yaitu dengan cara kelompok seminggu 2 kali tatap muka serta secara individu 3 kali tatap muka, memberikan motivasi kepada anak didik, dan menyediakan fasilitas untuk anak didik dalam membaca permulaan yaitu menyediakan buku cerita, majalah bergambar, alat permainan edukatif, buku panduan yang guru dan anak didik gunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kepribadian; Wawasan Pengetahuan; Kepribadian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:54
Last Modified: 02 Dec 2021 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum