PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN WALI KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, ACEH TIMUR)

Ratna Wulan, NIM.: 18200010190 (2021) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN WALI KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, ACEH TIMUR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN WALI KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, ACEH TIMUR))
18200010190_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN WALI KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, ACEH TIMUR))
18200010190_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi setiap aspek kehidupan manusia, tidak hanya terbatas pada perekonomian dan psikologis manusia, namun juga pada pendidikan. Kini, pendidikan menjadi perhatian utama pemerintah melalui kebijakannya agar anak-anak tetap belajar, walaupun dari rumah. Hal ini dilakukan demi kesehatan peserta didik dan untuk tetap mempertahankan serta meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi bangsa. Pendidikan saat ini sangat tergantung pada tanggung-jawab dan peran para pendidik. Karena itu, dalam menanggapi hal ini, peneliti meneliti pendidikan yang ada di SMA Negeri I Peureulak, Aceh Timur, bertujuan untuk melihat mengapa peran guru bimbingan dan konseling (BK) dan wali kelas dalam proses pembelajaran di masa pandemic Covid-19 di SMA Negeri 1 Peureulak dianggap krusial untuk mengatasi problematika siswa dan meningkatkan performa belajar . Selain itu, penelitian ini fokus pada metode-metode apa yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dan wali kelas dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Proses penggalian data yang melibatkan 12 responden terdiri dari seorang guru BK, seorang wali kelas, dan lima siswa laki-laki dan lima siswi perempuan. Hasil penelitian fokus pada peran guru BK dalam memberikan layanan diantaranya layanan informasi, konseling individu dan konsultasi. Sementara peran wali kelas adalah mengajar, memantau, membimbing, membina, dan memecahkan permasalahan yang dialami oleh siswa. Metode yang digunakan oleh guru BK dan wali kelas adalah konseling individu, membangun rapport melalui komunikasi efektif dengan menjadikan siswa sebagai client-centered subjects. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa guru BK dan wali kelas bertanggungjawab atas tugas mereka sebagai pendidik dan konselor dalam memberikan informasi, konseling individu, dan konsultasi bagi siswa secara umum dan mendidik dalam proses pembelajaran meskipun pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Zulkipli Lessy, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru BK, Wali Kelas, Belajar, Pandemi Covid-19, Peureulak
Subjects: Bimbingan Konseling
Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2021 13:22
Last Modified: 13 Oct 2021 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum