PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI MATRIKS SMA/MA/SMK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA TULI

Akhmad Sholahuddin, NIM.: 14600024 (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI MATRIKS SMA/MA/SMK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA TULI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI MATRIKS SMA/MA/SMK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA TULI)
14600024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI MATRIKS SMA/MA/SMK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA TULI)
14600024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode 4D (Four D). Metode ini memiliki empat tahap pengembangan yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Kualitas pada aplikasi Signmath Matriks dilihat berdasar penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli pendidikan inklusif. Sedangkan kepraktisan aplikasi Signmath Matriks dilihat berdasar penilaian respon siswa Tuli. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis Android yang diberi nama Signmath Matriks yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa Tuli. Berdasar penilaian ahli materi, aplikasi ini mendapat skor rata-rata total 3,85 sehingga termasuk dalam klasifikasi sangat baik dengan persentase keidealan 96,15%. Berdasar penilaian ahli media, aplikasi ini mendapat skor rata-rata total 3,67 sehingga termasuk dalam klasifikasi sangat baik dengan persentase keidealan 91,67%. Berdasar penilaian ahli pendidikan inklusif, aplikasi ini mendapat skor rata-rata total 3,89 sehingga termasuk dalam klasifikasi sangat baik dengan persentase keidealan 97,12%. Aplikasi Signmath Matriks dapat dikatakan valid berdasar penilaian ahli. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Signmath Matriks layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa Tuli. Selain itu,apikasi Signmath Matriks mendapat respon yang baik oleh pengguna yang merupakan siswa Tuli. Berdasar penilaian respon pengguna, aplikasi Signmath Matriks mendapat penilaian dengan klasifikasi setuju sehingga dapat dinyatakan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Intelektual; Disabilitas; Pendidikan Inklusif
Subjects: Matematika
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:16
Last Modified: 02 Dec 2021 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum