PENERAPAN METODE AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Muhammad Halim Hakiki, NIM.: 15430073 (2021) PENERAPAN METODE AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA)
15430073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA)
15430073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Among Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Islam pada Anak TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta, mengetahui faktor penghambat dan faktor pedukung dalam penerapannya, serta dampak penerapan Metode Among Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Islam pada Anak TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan Metode Among Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Islam pada Anak Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta sudah terlaksana dengan baik, guru menerapkan metode among dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan untuk kelancaran pembelajaran di kelas. (2) Faktor pendukung yaitu kurikulum dan tersedianya fasilitas/ sarana prasarana, semangat guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. sedangkan faktor penghambat yaitu guru yang belum memahami metode among, kurangnya kesadaran siswa dalam menyelesaikan tugas, dan kebiasaan anak yang di bawa dari keluarga. (3) Dampak penerapan metode among menunjukkan adanya pencapaian perkembangan anak dalam perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ki Hadjar Dewantara; perspektif Islam; pembelajaran merdeka
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:46
Last Modified: 02 Dec 2021 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum