ETIKA GURU PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007

Ahmad Zainurrohim, NIM.: 17104010116 (2021) ETIKA GURU PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA GURU PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)
17104010116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ETIKA GURU PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)
17104010116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas Etika yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dan relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru dalam Permendiknas Nomor 16 tahun 2007. Kajian ini berangkat dari pentingnya etika dalam diri setiap orang, termasuk seorang guru. Karena diantara peran seorang guru ialah mencetak peserta didik yang berkarakter. Oleh sebab itu, untuk mencapai peran tersebut, terlebih dahulu seorang guru haruslah memiliki kepribadian yang mencerminkan etika dan karakter yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperkaya sumber pengetahuan dan menambah wawasan guru dengan memfokuskan pada topik etika guru dan kompetensi kepribadian guru. Adapun metode penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian library reseach. Sedangkan metode pengumpulan datanya, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa etika guru perspektif K.H. Hasyim Asy’ari yang telah dituliskan dalam kitab Adāb Al-‘Ālim wa Al-Muta’allim memiliki karakteristik cenderung pada etika praktis dengan disertai nilai-nilai religius dan sufistik. Adapun pemikiran tersebut dijelaskan oleh K.H. Hasyim Asy’ari ke dalam tiga bagian, yakni etika pribadi seorang guru, etika guru dalam proses belajar mengajar, dan etika guru terhadap murid. Sedangkan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru yang telah ditetapkan dalam Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 yakni, keduanya sama-sama berorientasikan untuk menjaga martabat profesi guru melalui tiga hal. Pertama, mematuhi norma agama dan sosial. Kedua, menghiasi pribadi dengan etika dan akhlak terpuji. Ketiga, semangat dan tanggung jawab dalam menjalankan profesinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika Guru; Hasyim Asy’ari; Kompetensi Kepribadian Guru
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 13:22
Last Modified: 02 Dec 2021 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum