ISLAM DAN TERAPI PUBLIK DI INDONESIA: MAMAH DEDEH DALAM MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR DAN RUMAH MAMAH DEDEH DI TVOne

Melsani, NIM.: 18200010247 (2020) ISLAM DAN TERAPI PUBLIK DI INDONESIA: MAMAH DEDEH DALAM MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR DAN RUMAH MAMAH DEDEH DI TVOne. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAM DAN TERAPI PUBLIK DI INDONESIA: MAMAH DEDEH DALAM MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR DAN RUMAH MAMAH DEDEH DI TVOne)
18200010247_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ISLAM DAN TERAPI PUBLIK DI INDONESIA: MAMAH DEDEH DALAM MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR DAN RUMAH MAMAH DEDEH DI TVOne)
18200010247_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji model bimbingan konseling Islam publik yang diterapkan dalam program dakwahtainment Mamah Dedeh. Diketahui bahwa bimbingan dan konseling Islam tatap muka sudah tidak lagi menjadi satu-satunya jalan untuk melakukan layanan bimbingan dan konseling Islam. Disamping itu, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga menjadi salah satu alasan untuk mengembangkan pelayanan jasa bimbingan dan konseling Islam agar dapat beradaptasi terhadap tuntutan kemajuan dan kebutuhan masyarakat. Dakwahtainment Mamah Dedeh yang dikemas oleh program televisi dengan mengadopsi model bimbingan dan konseling Islam, menjadi alasan penulis untuk mengamati fenomena bimbingan konseling Islam yang bersifat publik di media. Tesis ini berkontribusi dalam melihat fenomena BKI yang bersifat publik untuk kemudian diterapkan dalam praktik bimbingan konseling Islam di era saat ini ataupun di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan mengkaji data yang diperoleh dari observasi online ceramah Mamah Dedeh. Tesis ini menunjukkan bahwa dalam beberapa kesempatan, fenomena dakwahtainment Mamah Dedeh bisa disebut sebagai model bimbingan dan konseling Islam yang bersifat publik, namun dilain sisi masih banyak hal-hal yang harus dibenahi dan dievaluasi, baik oleh Mamah Dedeh sendiri ataupun program dakwahtainment yang dibawakannya. Dalam menyampaikan ceramah, Mamah Dedeh mengusung ide rahmatan lil ‘alamin yang dituangkannya melalui nasihat Islam. Adapun tanggapan netizen terhadap model bimbingan dan konseling Mamah Dedeh beraneka ragam. Meskipun keseluruhan menganggap bahwa dakwahtainment Mamah Dedeh telah memberikan dampak positif dalam pandangan hidup mereka, namun dilain sisi juga terdapat netizen yang beranggapan bahwa Mamah Dedeh belum mampu untuk memberikan ceramah lantaran sikapnya yang cenderung merasa dirinya lebih baik dan paling dekat dengan Allah subhanahu wata’ala dibandingkan orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Nurjannah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Bimbingan dan Konseling Islam, Mamah Dedeh, Media Sosial
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2021 15:06
Last Modified: 13 Oct 2021 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum