PROBLEMATIKA BIROKRASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN SISTEM ZONASI DI SMP N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Erni Damayanti, NIM.: 15490017 (2021) PROBLEMATIKA BIROKRASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN SISTEM ZONASI DI SMP N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA BIROKRASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN SISTEM ZONASI DI SMP N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
15490017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA BIROKRASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN SISTEM ZONASI DI SMP N 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
15490017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

yang diterapkan di SMP N 1 Saptosari Gunungkidul Yogyakarta, sehingga peneliti dapat mengetahui lebih dalam mengenai implementasi sistem zonasi dan birokrasinya dalam penerimaan peserta didik baru di SMP N 1 Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Dimana Sekolah Menengah Pertama yang berstatus negeri ini menerapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 14 Tahun 2018 yakni mewajibkan menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius 5 km zona terdekat. Pada proses penerimaan peserta didik sebelumnya, SMP N 1 Saptosari Gunungkidul Yogyakarta menggunakan sistem penyaringan dengan nilai ujian terbaik karena sekolah ini termasuk dalam sekolah unggulan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif. Teknik untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara transkip hasil wawancara, melakukan komparasi data observaasi dan dokumentasi hasil dari wawancara, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sistem zonasi di SMP N 1 Saptosari Gunungkidul Yogyakarta tetap diterapkan meskipun dalam birokrasinya terkendala dengan beberapa problematika baik dari internal maupun eksternal. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan 6 variabel menurut teori Van Meter dan Van Horn, yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap (disposisi), komunikasi antar organisasi pelaksana dan lingkungan sosial menunjukkan bahwa dalam implementasinya terdapat masalah pada pola pikir masyarakat terhadap sekolah unggulan belum berubah, aplikasi online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sering terjadi error dan buffering serta kurangnya pemahaman dalam regulasi sistem zonasi dari masyarakat maupun tim panitia PPDB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Membentuk kepribadian; Program pendidikan; Birokrasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Local Wisdom - Kebijakan Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya /PPL
Date Deposited: 14 Oct 2021 13:14
Last Modified: 14 Oct 2021 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum