EVALUASI PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) ANGKATAN KE 46-48 IAIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN BERAGAMA MASYARAKAT DI DUSUN TRITIS KULON, GIRIKERTO, TURI, SLEMAN

Munjiana, NIM. 99232728 (2004) EVALUASI PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) ANGKATAN KE 46-48 IAIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN BERAGAMA MASYARAKAT DI DUSUN TRITIS KULON, GIRIKERTO, TURI, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) ANGKATAN KE 46-48 IAIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN BERAGAMA MASYARAKAT DI DUSUN TRITIS KULON, GIRIKERTO, TURI, SLEMAN)
99232728_Bab I_Bab IV_Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) ANGKATAN KE 46-48 IAIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN BERAGAMA MASYARAKAT DI DUSUN TRITIS KULON, GIRIKERTO, TURI, SLEMAN)
99232728_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

IAIN Sunan Kalijaga sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam, memiliki kornitrnen dan interes untuk melakukan pengabdian ke masyarakat. Dalam rangka pendampingan keagamaan dan permasalahan sosial lainnya. Melalui Lernbaga P2M, IAlN Sunan Kalijaga telah mengadakan KKN dengan jumlah yang tidak sedikit. Sebagai Lembaga yang berperan awal dalam pelaksanaan KKN, P2M telah merumuskan konseptuahsasi KKN yang berorientasi untuk meningkatkan kehidupan beragama rnasyarakat. P2M IAIN sebagai intitusi terdepan dalarn melakukan pengabdian kepada rnasyarakat telah rnemberikan kontribusi bagi IAIN, rnahasiswa, dan masyarakat. Kontribusi yang tarnpak bagi IArN adalah tersosialisasinya IATN Sunan Kaliga ke masyarakat. Bagi mahasiswa P2M menjadi fasilitator untuk mahasiswa dapat belajar bersosialisasi dengan masyarakat. Adapun manfaat yang dirasakan oleh masyarakat melalui KKN, adanya transformasi ilmu pengetahuan Agama [slam dan ilrnu pengetahuan yang bersifat umum. 2. Sebagai bagian dari komunitas masyarakat yang akan tampil kelak dalam melakukan perubahan di masyarakat, mahasiswa KKN angkatan ke 46-48, telah melakukan proses pembelajaran, bagairnana harus bersosialisasi dengan masyarakat. Selain bersosialisasi dengan masyarakat, melalui KKN pula mahasiswa mengimplementasikan ilmu agama yang diperoleh di Kampus lewat program kerja yang dirumuskan dan dilaksanakan. Sehingga kehidupan beragama masyarakat setelah adanya KKN semakin meningkat. Namun di sisi lain, program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN masih sebatas menggolkan target yang ingin dicapai tanpa melihat proses yang dilalui. Disamping itu, mahasiswa masih menyisakan ketergantungan bagi masyarakat pasca pelaksanaan KKN. 3. Kehidupan beragama masyarakat Dusun Tritis Kulon tidak terlepas dari problem sosial ekonomi dan pendidikan. Selain kedua persoalan tersebut, masyarakat kekurangan figur yang dijadikan tempat bertanya tentang persoalan-persoalan keagamaan. Adanya KKN IAIN adalah harapan untuk perbaikan kehidupan beragama masyarakat dan aspek lainnya. Harapan tersebut terwujud melalui pelaksanaan program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Bapak Drs. Aziz Muslim, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Angkatan Ke 46-48 IAIN Sunan Kalijaga Dalam Meningkatkan Kehidupan Beragam
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Oct 2021 13:17
Last Modified: 14 Oct 2021 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum