PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PESANTREN : STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN PONDOK PESANTREN MODERN AL ISLAH DOROWATI KLIRONG KEBUMEN

Laelatul Musfiroh, NIM. 99232839 (2004) PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PESANTREN : STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN PONDOK PESANTREN MODERN AL ISLAH DOROWATI KLIRONG KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PESANTREN : STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN PONDOK PESANTREN MODERN AL ISLAH DOROWATI KLIRONG KEBUMEN)
99232839_Bab I_Bab IV_Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PESANTREN : STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN PONDOK PESANTREN MODERN AL ISLAH DOROWATI KLIRONG KEBUMEN)
99232839_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

1. Proses pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Modern Al Isiah Dorowati Klirong Kebumen, pada mulanya telah berjalan dengan baik bahkan terns berlanjut hingga sekarang. Adapun bidang yang dikembangkan meliputi ; (a) koperasi pesantren, (b) perikanan, (c) peternakan, (d) perkebunan, (e) ketrampilan dan (f) usaha dagang. Namun pada perjalanannya hanya beberapa bidang yang bisa terns berkembang hingga sekarang seperti koperasi sedangkan yang Iainnya bisa dikatakan tidak berkembang untuk tidak menyebutnya gagal. Meski semuanya sempat membawa hasil yang memuaskan dan cukup membantu perekonomian pesantren na.mun sebagian besar sekarang keadaanya mengalami kemunduran atau bahkan sampai terhenti seperti peternakan dan ketrampilan (nata decoco). 2. Hal di atas tidak bisa dilepaskan dari beberapa hal yang menjadi faktor penghambat. Ada.pun faktor-faktor penghambat dari pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Modern Al Isiah secara umum mencakup beberapa hal : Pertama, kehidupan ekonomi, · seperti kebijakan pemerintah, praktek bisnis, struktur pasar, dan lain-lain. Kedua, faktor dunia pendidikan kaitannya dengan penyiapan sumber daya manusia (SDM). Ketiga, persoalan lain yang juga sangat mendasar adalah pesoalan kultur, yaitu sistem budaya yang telah membentuk kepribadian para pelaku usaha kecil di Indonesia. Selain ketiga hal di atas, problem-problem lain yang bersifat teknis yang kerap terjadi antara lain: (a) keterbatasan mengakses pasar, seperti terjadi khususnya pada bidang ketrampilan, dan grosir (b) keterbatasan pennodalan, terjadi pada bidang ketrampilan khususnya pembuatan nata decoco dan petemakan ( c) keterbatasan penguasaan teknologi dan infonnasi juga terjadi pada ketrampilan nata decoco, (d) keterbatasan organisasi dan manajemen di semua bidang, dan ( e) keterbatasan pengembangan jaringan dan kemitraan untuk semua bidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Hafiun
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perekonomian, Pondok Pesantren Modern, Al Islah Dorowati Klirong Kebumen
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Oct 2021 15:26
Last Modified: 15 Oct 2021 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum