PARENTING DAN TRANSFORMASI IBU DALAM KETAHANAN KELUARGA: Studi Kasus Peserta Kelas Ibu Muda di Sekolah Ibu Yogyakarta Wonderful Family Institute

Nurani Jayanti, S.Sos, NIM: 18200010102 (2020) PARENTING DAN TRANSFORMASI IBU DALAM KETAHANAN KELUARGA: Studi Kasus Peserta Kelas Ibu Muda di Sekolah Ibu Yogyakarta Wonderful Family Institute. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARENTING DAN TRANSFORMASI IBU DALAM KETAHANAN KELUARGA: Studi Kasus Peserta Kelas Ibu Muda di Sekolah Ibu Yogyakarta Wonderful Family Institute)
18200010102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18200010102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PARENTING DAN TRANSFORMASI IBU DALAM KETAHANAN KELUARGA: Studi Kasus Peserta Kelas Ibu Muda di Sekolah Ibu Yogyakarta Wonderful Family Institute)
18200010102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan Sekolah Ibu Yogyakarta khususnya kelas ibu muda serta transformasi yang dialami oleh peserta. Sekolah Ibu Yogyakarta menjadi pilihan para peserta kelas ibu muda sebagai tempat belajar tentang pengasuhan dan keluarga karena melihat sisi spiritualitas yang diajarkan sehingga dalam proses belajar mengajar mampu mengembalikan nilai-nilai Islam dalam setiap materi yang disampaikan oleh dosen atau pengajar. Keikutsertaan para ibu dalam kelas ibu muda ini menunjukkan bahwa adanya kesadaran pada diri ibu untuk memberikan pengasuhan yang terbaik kepada anak-anaknya serta melindungi keluarga dari maraknya teknologi yang kian berkembang, melihat bahwa kemajuan teknologi tidak bisa dielakkan dari kehidupan keluarga sehari-hari. Penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research) ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari delapan orang peserta kelas ibu muda dan Ida Nur Laila selaku direktur Wonderful Family Institute. Hasil tesis ini menunjukkan bahwa adanya Sekolah Ibu Yogyakarta khususnya kelas ibu muda memilliki esensi yang berarti dalam transformasi yang dialami peserta dalam membangun ketahanan keluarga. Dua aspek yang memberikan perubahan pada keluarga peserta. Pertama, pada pola pengasuhan anak, para peserta (ibu) mendapatkan pengetahuan dan kemampuan baru dalam mendidik anak, salah satunya adalah toilet training, selain itu mampu meredam emosinya ketika berhadapan dengan anak demi kesehatan jiwa si anak dan mulai melakukan pelekatan dengan anak lewat buku cerita Islami. Kedua, hubungan dengan suami, para peserta mampu memperbaiki hubungannya dengan suami menjadi lebih harmonis, terutama setelah mengetahui bahasa cinta masing-masing. selain itu pula antara suami dan istri menjadi lebih muda dalam berdiskusi baik perihal anak maupun rumah tangga. Kedua aspek tersebut menyentuh tiga domain dalam ketahanan keluarga yakni sistem kepercayaan, proses organisasi, dan proses komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nina Mariani Noor, SS., M.A
Uncontrolled Keywords: Kelas Ibu Muda SIY, Parenting, Ketahanan Keluarga, Keluarga
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Oct 2021 16:39
Last Modified: 14 Oct 2021 16:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum