Literasi Media sebagai Mitigasi Covid-19 di Pesantren (Studi Kasus Pemutusan Penularan Covid-19 di Pesantren Karangasem dan Pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan)

Zakiya Fatihatur Rohma, NIM: 18202010014 (2021) Literasi Media sebagai Mitigasi Covid-19 di Pesantren (Studi Kasus Pemutusan Penularan Covid-19 di Pesantren Karangasem dan Pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Literasi Media sebagai Mitigasi Covid-19 di Pesantren (Studi Kasus Pemutusan Penularan Covid-19 di Pesantren Karangasem dan Pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan))
18202010014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Literasi Media sebagai Mitigasi Covid-19 di Pesantren (Studi Kasus Pemutusan Penularan Covid-19 di Pesantren Karangasem dan Pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan))
18202010014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Lamongan merupakan kabupaten di Jawa Timur dengan jumlah pesantren cukup tinggi. Pesantren sendiri merupakan komunitas agama yang menyumbang klaster baru penyebaran Covid-19. Pemda (Pemerintah Daerah) Lamongan selama masa pandemi telah melakukan beberapa upaya terkait pencegahan Covid-19. Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 (GTPPC) melakukan koordinasi dan antisipasi sejak dini di pesantren melalui program pesantren tangguh. Pesantren Al-Ishlah dan pesantren Karangasem Paciran dijadikan sebagai pesantren percontohan Pesantren Tangguh tanggap Covid-19. Kedua pesantren tersebut dipandang siap untuk melanjutkan proses belajar mengajar secara tatap muka. Pesantren Al-Ishlah dan pesantren Karangasem juga mempunyai potensi untuk mengembangkan literasi media. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana proses literasi media dan pendekatan literasi media di pesantren Al-Ishlah dan pesantren Karangasem Paciran sebagai upaya mitigasi Covid-19. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumulan data berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai validasi data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Proses literasi media dalam upaya mitigasi Covid-19 di pesantren Al-Ishlah dan pesantren Karangasem berjalan melalui empat tahapan, yakni tahapan penyadaran, analisis, refleksi dan tindakan. Pesantren Karangasem dan pesantren Al-Ishlah menggunakan tiga pendekatan literasi media meliputi pendekatan proteksionisme, pendekatan use and gratification dan pendekatan khalayak aktif. Selain menggunakan pendekatan literasi media, kedua pesantren juga menggunakan pendekatan agama. Agama sebagai sistem simbol memberikan ide-ide dalam merespon, menentukan pengambilan sikap dan melawan pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si.,MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Literasi Media, Mitigasi Covid-19, Pesantren
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Oct 2021 17:23
Last Modified: 14 Oct 2021 17:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum