ANALISIS ISI PESAN AKHLAK DALAM TAYANGAN CHANNEL YOUTUBE ANIMASI NUSSA DAN RARA

Ayu Yunanda, NIM.: 16210087 (2021) ANALISIS ISI PESAN AKHLAK DALAM TAYANGAN CHANNEL YOUTUBE ANIMASI NUSSA DAN RARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI PESAN AKHLAK DALAM TAYANGAN CHANNEL YOUTUBE ANIMASI NUSSA DAN RARA)
16210087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI PESAN AKHLAK DALAM TAYANGAN CHANNEL YOUTUBE ANIMASI NUSSA DAN RARA)
16210087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Film animasi adalah film yang berupa serial gambar yang difilmkan satu persatu dengan memperhatikan kesinambungan gerak sehingga muncul sebagai satu gerakan dalam film kemudian disusun sesuai dengan storyboard sehingga menghasilkan satu film animasi yang utuh. Pesan akhlak merupakan pesan yang disampaikan yang dikemas sedemikian rupa dengan tujuan mudah dipahami oleh semua orang berdasarkan ajaran Al-quran dan tuntunan Rasullah SAW. Peneliti sendiri sangat tertarik untuk menganalisis isi pesan akhlak yang terdapat dalam tayangan Nussa dan Rara, karena tayangan animasi yang dibuat bukan hanya sebagai tontonan anak-anak berupa kartun yang jenaka akan tetapi juga terdapat selingan berupa pesan akhlak yang disampaikan berdasarkan kutipan dari Al-quran dan hadis. Penelitian ini berusaha menjawab pesan akhalak apa yang paling dominan dan apakah terdapat pendekatan persuasif dalam penyampaian pesan akhlak dalam tayangan video animasi Nussa dan Rara pada periode bulan November 2018 - September 2020 dalam playlist seri animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Holsti mengenai analisis isi, pesan akhlak dan pendekatan persuasif yang dilihat berdasarkan syarat pesan persuasif menurut Crider. Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti menyimpulkan untuk pesan akhlak yang paling dominan yang terdapat dalam tayangan video animasi Nussa dan Rara adalah pesan akhlak terhadap sesama manusia yaitu sebesar 57%. Sedangkan untuk pesan terhadap Allah sebesar 40% dan pesan akhlak terhadap lingkungan sebesar 3%. Kemudian tayangan tersebut juga menggunakan pendekatan persuasif karena tayangan tersebut berisi pesan yang tidak berisi kebohongan 100%, tidak memaksa 80%, berisi dua kepentingan 80% dan memotivasi 83%. Artinya penyampaian pesan akhlak pada tayangan video animasi Nussa dan Rara memenuhi syarat pesan persuasif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Musthofa, S. Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pesan akhlak, pendekatan persuasif, video animasi Nussa dan Rara.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 18 Oct 2021 08:10
Last Modified: 18 Oct 2021 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum