AN APPRAISAL ANALYSIS OF JACINDA ARDERN’S SPEECH IN EMBRACING MUSLIM COMMUNITY AFTER THE CHRISTCHURCH MOSQUES TERRORISM ATTACK

Ajeng Kurniasri Pritadewi, NIM.: 17101050061 (2021) AN APPRAISAL ANALYSIS OF JACINDA ARDERN’S SPEECH IN EMBRACING MUSLIM COMMUNITY AFTER THE CHRISTCHURCH MOSQUES TERRORISM ATTACK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AN APPRAISAL ANALYSIS OF JACINDA ARDERN’S SPEECH IN EMBRACING MUSLIM COMMUNITY AFTER THE CHRISTCHURCH MOSQUES TERRORISM ATTACK)
17101050061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AN APPRAISAL ANALYSIS OF JACINDA ARDERN’S SPEECH IN EMBRACING MUSLIM COMMUNITY AFTER THE CHRISTCHURCH MOSQUES TERRORISM ATTACK)
17101050061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pidato politik adalah metode komunikasi yang digunakan oleh para politikus untuk mengajak rakyat untuk mencapai tujuannya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menemukan perangkat Appraisal dan Ideologi yang digunakan oleh Jacinda Ardern dalam pidatonya tentang merangkul komunitas Muslim di Selandia Baru pasca aksi terorisme yang menyerang keluarga mereka. Penelitian deskriptif-kualitatif ini menggunakan teori Appraisal oleh Martin dan White (2005) bersama dengan kerangka Ideologi oleh Martin (1992) untuk menganalisis argumen-argumen Ardern dalam transkrip pidatonya. Peneliti menemukan, dalam menyampaikan pesannya, Ardern menggunakan beberapa isu-isu kategoris, yaitu 1) menghormati Muslim dan seluruh komunitas global, 2) menggambarkan tragedi, 3) menunjukkan empati kepada umat Islam, 4) mengucapkan salam umat Muslim, 5) menunjukkan tanggung jawab atas tragedi tersebut, 6) memerangi rasisme, kekerasan dan ekstremisme, 7) mengajak kerja sama dalam memerangi aksi terorisme dan 8) menyebutkan lagu kebangsaan Selandia Baru. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan semua perangkat Appraisal digunakan dalam pidato ini, yaitu 144 perangkat Attitude yang terdiri dari 83 Affects, 36 Judgments dan 25 Appreciation, 115 Graduation terdiri dari 23 Focus dan 92 Force dan 72 Engagement terdiri dari 19 Monogloss dan 53 Heterogloss. Selanjutnya, Ardern menggunakan Ideologi right antagonist dalam argumen pada pidatonya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Arif Budiman. S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Analisis Appraisal, Ideologi, Jacinda Ardern, New Zealand, Serangan Teroris.
Subjects: Sastra Inggris
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Oct 2021 10:56
Last Modified: 15 Oct 2021 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum