EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS MUHASABAH UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SANTRI (Studi Eskperimen Pada Santri SMAS Islam Miftahul Ulum Probolinggo)

Auliyatun Nisa’, S.Sos.I., NIM.: 1520311086 (2020) EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS MUHASABAH UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SANTRI (Studi Eskperimen Pada Santri SMAS Islam Miftahul Ulum Probolinggo). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS MUHASABAH UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SANTRI (Studi Eskperimen Pada Santri SMAS Islam Miftahul Ulum Probolinggo))
1520311086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING GESTALT BERBASIS MUHASABAH UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SANTRI (Studi Eskperimen Pada Santri SMAS Islam Miftahul Ulum Probolinggo))
1520311086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Bimbingan dan Konseling Gestalt Berbasis Muhasabah Efektif Untuk Meningkatkan Determinasi Diri Santri di SMAS Islam Miftahul Ulum Probolinggo. Bimbingan dan Konseling Gestalt berbasis muhasabah merupakan penggabungan antara bimbingan dan konseling gestalt dengan teknik konseling islam yakni muhasabah, guna melengkapi proses konseling mencapai pada kesadaran yang penuh dan menyeluruh yang mencangkup kesadaran terhadap kehadiran Allah SWT. Dan memahami hakikat manusia sebagai hamba Allah yang senantiasa dianjurkan untuk memperbaiki dan evaluasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen (Eksperimen semu). Subyek penelitian terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing merupakan santri putri SMAS Islam Miftahul Ulum yang mengikuti program mondok di pesantren, dengan jumlah masing-masing 7 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling gestalt berbasis muhasabah efektif untuk meningkatkan determinasi diri santri dibuktikan dengan nilai sig. < 0.05 (0.00 < 0.05), artinya adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen, yang menerima bimbingan dan konseling islam. Sedangkan untuk kelompok kontrol didapat hasil sig. > 0.05 (0.92 > 0.05), artinya tidak ada perubahan pada hasil pre-test dan post-test atau kelompok kontrol cenderung stabil. Selanjutnya pada analisis antar kelompok didapat rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 106.6 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 82.6. berarti secara umum skor determinasi diri pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Bimbingan dan konseling berbasis muhasabah memberikan pengaruh positif terhadap ketiga aspek determinasi diri, dengan aspek relatedness yang memiliki peningkatan paling banyak yaitu 9.7, otonomi sebesar 8.4, dan kompetensi sebesar 6.9.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi,. M.Si,
Uncontrolled Keywords: self-determined; Bimbingan dan Konseling Islam; Integration
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Oct 2021 13:22
Last Modified: 15 Oct 2021 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45473

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum