PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PA’KAR DALAM MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Rikaz Panji Wicaksana, NIM.: 15670025 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PA’KAR DALAM MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PA’KAR DALAM MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK)
15670025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PA’KAR DALAM MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK)
15670025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Materi ikatan kimia merupakan salahsatu materi yang bersifat abstrak dan dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Materi ini sulit dijelaskan tanpa adanya analogi atau model, sehingga diperlukan suatu inovasi untuk dapat menyampaikan materi ikatan kimia dengan baik. Media pembelajaran berbasis permainan kartu Kuartet dapat menjadi salah satu inovasi dalam pembelajaran ikatan kimia sehingga dilakukan penelitian dan pengembangan media kartu Pa’Kar (Papat Kartu) berdasarkan standar isi yang berlaku agar dapat digunakan sebagai sumber belajar. Media kartu ini dinilai oleh tiga guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Prosedur pengembangan media kartu Pa’Kar dilakukan dengan model pengembangan 4D yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif berdasarkan analisis awal-akhir, peserta didik, materi, tugas, dan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media kartu Pa’Kar berdasarkan standar yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan diperoleh skor rata-rata 55,67 dari total skor maksimal sebesar 64 dengan persentase keidealan 86,98 % menurut penilaian guru. Sedangkan respon menurut peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 10,73 dari skor maksimal ideal 12 dengan persentase keidealan 89,39% dan termasuk kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hasil tersebut, maka media kartu Pa’Kar memiliki kualitas yang baik dan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khamidinal, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kartu Pa’Kar, Media Pembelajaran, Ikatan Kimia.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Oct 2021 13:06
Last Modified: 29 Oct 2021 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum