PENGEMBANGAN KARTU UCHEM SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Cipto Arba’in, NIM.: 15670055 (2021) PENGEMBANGAN KARTU UCHEM SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KARTU UCHEM SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR)
15670055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KARTU UCHEM SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS X PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR)
15670055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kimia merupakan salah satu materi pembelajaran di sekolah yang didasarkan oleh konsep teoretis dan konsep abstrak. Mempelajari ilmu kimia memerlukan pemahaman abstrak yang baik, terutama pemahaman mengenai unsur-unsur kimia yang sangat penting dalam ilmu kimia. Berdasarkan hasil belajar peserta didik, dapat disimpulkan bahwa sistem periodik unsur merupakan materi yang sulit dipahami. Kesulitan ini disebabkan oleh kurang tepatnya strategi dan langkah pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik. Oleh karena itu, kreatifitas dan inovasi dalam merancang kegiatan belajar mengajar terutama penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk keberhasilan belajar peserta didik. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu Uchem sebagai salah satu media pembelajaran kimia pada materi sistem periodik unsur. Studi analisis pengembangan media kartu Uchem dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai tahap development. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif berdasarkan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengembangan media kartu uchem dilakukan dengan menggunakan model 4-D untuk mengembangkan media pembelajaran kimia pada materi sistem periodik unsur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kartu uchem memiliki kualitas yang layak sebagai salah satu media pembelajaran kimia pada materi sistem periodik unsur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khamidinal, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kartu Uchem, Media Pembelajaran, Sistem Periodik Unsur
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Oct 2021 13:13
Last Modified: 29 Oct 2021 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum