OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI LAGU-LAGU ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS A BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH GESIKAN KLATEN

Laila Malikhatus Syarifah, NIM.: 16430015 (2021) OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI LAGU-LAGU ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS A BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH GESIKAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI LAGU-LAGU ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS A BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH GESIKAN KLATEN)
16430015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI LAGU-LAGU ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS A BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH GESIKAN KLATEN Message Item has been removed.)
16430015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, pembelajaran jarak jauh yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19 ini membuat interaksi sosial anak semakin terbatas. Kurangnya interaksi berdampak pada perkembangan bahasa anak yaitu anak sulit mengungkapkan perasaannya melalui kata-kata, anak dapat mengucapkan kosakata yang ia dapat dari orang sekitar tetapi tidak mengetahui maknanya. Lagu anak merupakan media untuk anak mengenal berbagai hal, melalui lagu anak dapat mengungkapkan perasaannya dan akan terjalin komunikasi antara orang tua dengan anak, sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi perkembangan bahasa melalui lagu-lagu anak pada masa pandemi Covid-19 di kelas A BA „Aisyiyah Gesikan Klaten, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam optimalisasi perkembangan bahasa melalui lagu-lagu anak pada masa pandemi Covid-19 di kelas A BA „Aisyiyah Gesikan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakuakan dengan model Miles dan Hibermen yaitu reduksi, data display, dan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi perkembangan bahasa melalui lagu-lagu anak pada masa pandemi Covid-19 di kelas A BA „Aisyiyah Gesikan Klaten harus memperhatikan 2 hal yaitu: 1)peran orang tua 2)pemilihan lagu. Untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa melalui lagu dilakukan secara daring dengan menggunakan metode penugasan, kegiatannya yaitu: pra-pembelajaran, saat pembelajaran, pasca pembelajaran, dan evaluasi. Faktor pendukung yang mempengaruhi optimalisasi perkembangan bahasa melalui lagu-lagu anak pada masa pandemi Covid-19 di kelas A BA „Aisyiyah Gesikan Klaten yaitu peran serta orang tua, subsidi kuota dari Kemendikbud, majalah khusus pandemi. Faktor penghambatnya yaitu kemampuan menghafal anak, keterbatasan kemampuan teknologi orang tua dan guru, mood belajar anak, fasilitas kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Zubaedah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa, Lagu-Lagu Anak, Pandemi Covid-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 15 Oct 2021 14:14
Last Modified: 29 Oct 2021 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum