METODE TAHFIZ AL-QUR'AN DALAM RUMAH TAHFIZ BALITA DAN ANAK DI TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA (Perspektif ‘ ulum al-Qur’an)

Teti Fatimah, NIM. 18205010053 (2020) METODE TAHFIZ AL-QUR'AN DALAM RUMAH TAHFIZ BALITA DAN ANAK DI TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA (Perspektif ‘ ulum al-Qur’an). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE TAHFIZ AL-QUR'AN DALAM RUMAH TAHFIZ BALITA DAN ANAK DI TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA (Perspektif ‘ ulum al-Qur’an))
18205010053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE TAHFIZ AL-QUR'AN DALAM RUMAH TAHFIZ BALITA DAN ANAK DI TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA (Perspektif ‘ ulum al-Qur’an))
18205010053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kegiatan tahf z al-Qur‟an untuk anak usia dini, tepatnya tentang metode tahfiz al-Qur‟an dalam rumah tahfiz balita dan anak di Tridadi Sleman Yogyakarta (perspektif „ulum al-Qur‟an). Fokus pembahasan penelitian ini adalah kegiatan anak-anak dalam menghafal al-Qur‟an dengan menggunakan metode Tabarak yang nantinya akan digali dari aspek genealogi, dengan meliputi tiga rumusan masalah, pertama, Bagaimana metode tahfiz al-Qur‟an dalam rumah tahfiz balita dan anak di Tridadi Sleman Yogyakarta?. Kedua, bagaimana kegiatan tahfiz dalam rumah tahfiz balita dan anak di Tridadi Sleman Yogyakarta?. Ketiga, Bagaimana genealogi metode tabarak dalam rumah tahfiz. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan analisis data. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan living Qur‟an, selain itu, teori yang diaplikasikan adalah teori genealogi Michael Foucault. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tahfiz al-Qur‟an dengan metode Tabarak merupakan merupakan cara menghafal al-Qur‟an untuk anak usia dini di era kontemporer ini. Mengingat bahwa anak-anak yang masih berada pada rentang usia dini adalah masa dimana mereka belajar segala sesuatu yang hadir secara nyata didepanya. Semua kata, sikap, keadaan, dan kebiasaan yang ada disekitarnya akan mereka amati, dicatat dalam pikiran, kemudian akan ditirunya. Sehingga cara belajar yang utama bagi mereka adalah dengan adanya stimulus-stimulus indrawi yang diterima guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum pembelajaran serta bagaimana kegiatan tahfidz dengan menggunakan metode Tabarak untuk pembelajaran hafalan al-Qur‟an anak usia dini di markaz tabarak tersebut. Hasil penelitian ini mencakup tentang tujuan kurikulum, materi kurikulum, strategi kurikulum, syarat raw input, target hafalan al-Qur‟an, bahan ajar, implementasi metode, output pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwwa metode tabarak dalam rumah tahfiz balita dan anak di Yogyakarta terdapat proses marginalisasi dari segi sejarah, metode tersebut diindikasi datang dari pengetahuan Kameel el-Laboody menegnai awal mula al-Qur‟an diturunkan sampai disampaikan kepada para sahabat, kemudian Kameel bersama istrinya Rasya al-Jayyar menerapkan program secara nyata terhadap anaknya Tabarak dan Yazid Tamamuddin. Namun, pada kenyataannya ada proses marginalisasi dalam penerapan metode tabarak. Selain itu, proses normalisasi metode tabarak terdapat peralatan yang digunakan, eksistensi metode tabarak dikalangan dunia pendidikan yang tidak hanya di Indonesia melainkan dari Saudi, India, Mesir, Pakistan, Yaman dan Filipina.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Tabarak, Menghafal al- ur an u, Anak Usia Dini, Genealogi
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Oct 2021 21:15
Last Modified: 15 Oct 2021 21:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum