PARTISIPASI PUBLIK PEREMPUAN JAMAAH TABLIGH DI DESA TEMBORO, JAWA TIMUR

Syarifah Isnaini, NIM : 19200013006 (2021) PARTISIPASI PUBLIK PEREMPUAN JAMAAH TABLIGH DI DESA TEMBORO, JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI PUBLIK PEREMPUAN JAMAAH TABLIGH DI DESA TEMBORO, JAWA TIMUR)
19200013006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI PUBLIK PEREMPUAN JAMAAH TABLIGH DI DESA TEMBORO, JAWA TIMUR)
19200013006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Studi ini mengkaji perempuan Jamaah Tabligh (JT) Temboro khususnya berkenaan dengan partisipasi mereka di ruang publik. Beberapa sarjana yang meneliti JT cenderung menyuguhkan gambaran bahwa JT hanyalah aktivitas laki-laki. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya memberikan perspektif baru mengenai perempuan JT. Dengan mengambil konteks Desa Temboro, studi ini menelaah bagaimana peran perempuan JT sekaligus menjawab mengapa mereka aktif berpartisipasi di ruang publik. Argumen studi ini menunjukkan perempuan JT telah menemukan bentuk partisipasi ruang publik yang secara tidak langsung mereka sepakati bersama. Partisipasi ruang publik tersebut diperoleh dengan cara-cara negosiasi antara ajaran dan latar belakang sosial, budaya dan ekonomi mereka. Terdapat dua aspek penting yang berhasil ditaklukkan perempuan JT Temboro dengan partisipasi mereka di ruang publik, yaitu latar belakang budaya dan ajaran JT yang bercorak patriarki. Selain itu, tulisan ini juga menyuguhkan faktor keberhasilan perempuan JT Temboro dalam mengubah sikap sub-ordinasi menjadi pemberdayaan bagi mereka. Faktor-faktor tersebut meliputi peran otoritas keagamaan, media sosial, agensi dan etos kerja etnis Jawa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sunarwoto, M.A.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Jamaah Tabligh, Partisipasi Publik, Temboro, Otoritas, Media Sosial, Agensi, Etos Kerja, Etnis Jawa
Subjects: Studi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Oct 2021 12:32
Last Modified: 16 Oct 2021 12:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum