KETERLIBATAN WARTAWAN DALAM DAKWAH (Studi Eksploratoris Terhadap Berita-Berita Tentang Islam Yang Dimuat Tirto.id Pada Tahun 2020)

FIFI NOVIANTY, NIM: 19202010006 (2021) KETERLIBATAN WARTAWAN DALAM DAKWAH (Studi Eksploratoris Terhadap Berita-Berita Tentang Islam Yang Dimuat Tirto.id Pada Tahun 2020). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN WARTAWAN DALAM DAKWAH (Studi Eksploratoris Terhadap Berita-Berita Tentang Islam Yang Dimuat Tirto.id Pada Tahun 2020))
19202010006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN WARTAWAN DALAM DAKWAH (Studi Eksploratoris Terhadap Berita-Berita Tentang Islam Yang Dimuat Tirto.id Pada Tahun 2020))
19202010006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jurnalisme online kini dimanfaatkan oleh wartawan untuk berdakwah. Tirto.id salah satu media online sekuler, yang memberikan kebebasan bagi wartawannya untuk menulis berita tentang Islam. Peneliti akan membawa pembaruan tentang keterlibatan wartawan dalam dakwah terhadap berita tentang Islam. Melihat dari kecenderungan isi berita yang ditulis oleh wartawan Tirto.id. Adapun Rumusan masalah penelitian, 1. Bagaimana Wartawan Tirto.id membingkai berita tentang Islam pada tahun 2020? 2. Bagaimana konsep jurnalisme online Tirto.id dalam berita tentang Islam pada tahun 2020? 3. Bagaimana dakwah menggunakan jurnalisme online yang dilakukan oleh wartawan melalui berita tentang Islam pada tahun 2020? Objek Penelitiannya adalah delapan berita tentang Islam yang ditulis oleh wartawan Tirto.id pada tahun 2020 dan wartawan Tirto.id. Metode penelitiannya adalah analisis isi kualitatif untuk melihat kecenderungan isi delapan berita tentang Islam yang dimuat Tirto.id. Peneliti menggunakan teori analisis framing dari Zhongdan Pan & Gelard M. Kosicki dilihat dari elemen sintaksis untuk menentukan bahasa berita yang digunakan wartawan. Kedua, dianalisis menggunakan perspektif jurnalisme publik untuk melihat kualitas berita yang ditulis wartawan Tirto.id berdasarkan jurnalisme publik. Ketiga, dianalisis menggunakan perspektif dakwah untuk melihat kualitas dakwah yang dilakukan oleh wartawan dan menunjukan berita yang ditulis merupakan kegiatan dakwah dengan mengkonfirmasi kepada wartawan yang menulis berita tersebut. Hasil penelitian bahwa Keterlibatan wartawan Tirto.id dalam dakwah ditunjukan dari bahasa persuasif yang digunakan dalam berita. Kualitas jurnalisme publik menunjukan berita tersebut mengutamakan publik sebagai aktor utama yang diberitakan. Kualitas dakwah mengoptimalkan pada materi dan pesan dakwah terkait hukum Islam kontemporer dan ajaran agama Islam. Berdasarkan konfirmasi dengan wartawan Tirto.id, bahwa selain wartawan menjalankan tugasnya sebagai seorang jurnalis. Wartawan memiliki tujuan untuk mengajak pembaca pada kebaikan melalui materi dakwah keislaman yang ditulis dalam berita. Hasil penelitian ini menunjukan wartawan Tirto.id memiliki keterlibatan dalam dakwah terhadap berita tentang Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Phil. Ana Nadhya Abrar, M.E.S.
Uncontrolled Keywords: dakwah, jurnalisme online, jurnalisme publik, pembingkaian berita tentang Islam, dan wartawan Tirto.id.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Oct 2021 19:02
Last Modified: 16 Oct 2021 19:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum