KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN BUKU “JEJAK PERJUANGAN KEULAMAAN PEREMPUAN INDONESIA”)

Lutviyana Nur H, S.Pd, NIM.19204010073 (2021) KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN BUKU “JEJAK PERJUANGAN KEULAMAAN PEREMPUAN INDONESIA”). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN BUKU “JEJAK PERJUANGAN KEULAMAAN PEREMPUAN INDONESIA”))
19204010073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN BUKU “JEJAK PERJUANGAN KEULAMAAN PEREMPUAN INDONESIA”))
19204010073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan pendidikan bagi perempuan.Kesempatan untuk mengembangkan potensi seringkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat yang menyebabkan perempuan kehilangan rasa kepercayaan diri untuk berkembang, padahal yang kita ketahui bersama bahwa perempuan merupakan pembangun peradaban bangsa. Buku “Jejak Perjuangan Keulamaan Perempuan Indonesia” menjadi bahan penelitian untuk menemukan konsep-konsep pendidikan bagi perempuan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep-konsep tujuan pendidikan didalam buku tersebut dan juga menemukan relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat Library study dan interview dengan menggunakan pendekatan isi. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis konten (isi). Sumber data primernya adalah buku “Jejak Perjuangan Keulamaan Perempuan Indonesia” sedangkan data-data primernya melalui wawancara dengan penulis dan tokoh di dalam buku serta literatur lain yang berhubungan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini adalah dalam buku “Jejak Perjuangan Keulamaan Perempuan Indonesia” memiliki gambaran konsep-konsep pendidikan perempuan. Buku ini menampilkan konsep pendidikan perempuan pada era penjajahan, kemerdekaan dan juga reformasi. Masing-masing era mempunyai konsep pendidikan yang berbeda. Era penjajahan menuju era reformasi konsep pendidikan bukan tertuju pada kuantitas lagi namun kepada kualitas perempuan yang diikuti dengan perubahan keilmuan dan keterampilan. Konsep-konsep ini relevan dengan konsep pendidikan agama Islam yang menjunjung tinggi demokrasi pendidikan. Selain itu, konsep pendidikan agama Islam terbagi menjadi tiga ranah pendidikan yaitu pencapaian pendidikan fisik, akal dan akhlak yang bertujuan untuk menjadikan seseorang beriman, beramal dan berilmu.Iman amal dan ilmu relevan dengan kecerdasan spiritual sebagai tujuan dari pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sibawaihi, S.Ag., M.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Perempuan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Oct 2021 01:07
Last Modified: 17 Oct 2021 01:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum