METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA MADRASAH DINIYAH PUTRI

AiZZATUL AMRI - NIM. 96423367, (2010) METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA MADRASAH DINIYAH PUTRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahwa pengajaran kitab kuning (bahasa arab) di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kota Gede Yogyakarta bertujuan membimbing anak didik (siswa) agar menguasai kitab kuning sebagai alat untuk tujuan keagamaan, yaitu mempelajari atau memperdalam pengetahuan tentang hukum-hukum dan ajaran-ajaran Islam serta sejarah kebudayaan Islam. Kegiatan pengajaran kitab kuning, khususnya pada marhalah (tigkat) III, ditujukan pada pembinaan kemampuan membaca dan memahami teks berbahasa Arab. Adapun marhalah I amp; II ditekankan pada gramatika bahasanya (nahwu shorof). Penggunaan metode yang tepat dan bervariasi dapat dijadikan sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar di lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Subyek penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri yaitu: Kepala Madrasah serta pengurus, Guru pengajaran kitab kuning, para siswa pada marhalah III. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode interview, metode dokumentasi dan metode angket. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa data kualitatif dan kuantitatif, untuk cara pendekatannya menggunakan cara berpikir deduktif dan induktif. Metode pengajaran di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri marhalah III, kelas I,II, dan III dalam upaya mencapai prestasi membaca teks kitab kuning antara lain menggunakan: metode membaca, menerjemah, gramatika-terjemah, deduktif yaitu qawaid, ceramah, tanya jawab, diskusi dan resitasi. Kemampuan membaca kitab kuning menunjukan keberhasilan, terbukti bahwa kelas III masuk kategori baik dengan rata-rata 72,57 dan kelas I, II dengan nilai cukup dengan rata-rata 68,47 dan 67,50. Hal ini merupakan suatu hal yang biasa, karena kelas III merupakan kelas tertinggi dan metode yang diterapkan lebih ditekankan keaktifan siswi, dan kelas I, II keduanya sama aktif. Adapun faktor pendukung dalam keberhasilan ini antara lain: keadaan siswi, adanya asrama dan pengajaran ekstra diluar kegiatan kemadrasahan. Sedang faktor yang menghambat yang paling dominan adalah memahami maksudnya, kosa kata, dan qawaid. Ini dikarenakan kurangnya skill dalam membaca teks arab yang dimiliki siswi marhalah III. Dan problemnya terletak pada metode pengajaran di tingkat dasar yakni marhalah I dan II. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mualif Sahlany
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, kitab kuning teks bahasa arab, Madrasah Diniyah Putri
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum