MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENARIK MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIJAYA KUSUMA UMBULHARJO YOGYAKARTA

Ratih Fatmadewi, NIM.: 16490022 (2021) MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENARIK MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIJAYA KUSUMA UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENARIK MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIJAYA KUSUMA UMBULHARJO YOGYAKARTA)
16490022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENARIK MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIJAYA KUSUMA UMBULHARJO YOGYAKARTA)
16490022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini bermula karena di zaman teknologi perkembangan yang semakin pesat menjadi tuntutan para lembaga pendidikan untuk berusaha menerapkan strategi pemasarannya agar dapat menarik minat belajar peserta didik. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi pemasaran di Lembaga Pendidikan Nonformal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wijaya Kusuma Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di Lembaga Pendidikan Nonformal PKBM Wijaya Kusuma Umbulharjo Yogyakarta. Subyek dari penelitian ini adalah pendiri lembaga sebagai penanggungjawab dari program kegiatan belajar masyarakat, ketua sebagai pimpinan, staf manajemen akademik, tutor dan peserta didik program belajar. Teknik yang digunakan dalam analisa data dilakukan dengan transcript, coding, grouping, serta contrasting dan comparing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) untuk mengetahui manajemen strategi pemasaran pendidikan nonformal di Lembaga PKBM Wijaya Kusuma Umbulharjo Yogyakarta yang terdiri dari 7P yaitu produk, harga, tempat, promosi, sumberdaya manusia, proses dan bukti fisik. Faktor dalam mempengaruhi minat belajar di Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wijaya Kusuma ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari niat, rajin, motivasi, perhatian dan sikap terhadap guru. Faktor eksternal terdiri dari keluarga, guru dan fasilitas, teman sepergaulan, media massa. Hasil penerapan dari manajemen strategi pemasaran di Lembaga PKBM Wijaya Kusuma dapat dilihat dari banyaknya lembaga yang telah meluluskan peserta didik, lembaga juga yang melayani program gratis tanpa dipungut biaya, kemudian program yang disediakan dapat membangkitkan minat belajar peserta didik yang mengalami drop out dari sekolah dan dapat menyesuaikan kebutuhan peeserta didik sebagai tempat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi Pemasaran, Minat Belajar Peserta Didik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 10:10
Last Modified: 18 Oct 2021 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum