PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Wikan Aji Prabandaru, NIM.: 16600038 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS)
16600038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS)
16600038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar di sekolah cenderung berisi kumpulan rumus dan soal yang kurang inovatif. Bahan ajar tersebut menyebabkan peserta didik kurang tertarik untuk mempelajarinya dan tidak mengkonstruksi pemahaman sendiri. Peserta didik dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis belum dapat terfasilitasi menggunakan bahan ajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika materi bangun datar segiempat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis yang memenuhi kriteria ketercapaian valid, efektif, dan praktis. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Depdiknas. Langkah-langkah penelitian pengembangan ini yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi; dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian kualitas LKPD, lembar skala respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar post-test kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD tersebut memenuhi kriteria ketercapaian valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD tersebut termasuk dalam ketegori sangat baik dengan rata-rata 191,6 dan persentase keidealan 87,09%. Efektif berdasarkan hasil post-test kemampuan komunikasi matematis sebanyak 80% peserta didik yang mengikuti post-test kemampuan komunikasi matematis mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sehingga LKPD tersebut telah berhasil memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Praktis berdasarkan respon peserta didik terhadap LKPD tersebut diperoleh respon positif dengan jumlah skor rata-rata 55,7 dari skor maksimal 80 dengan persentase keidealan 69,62%. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kontekstual, Think Talk Write (TTW), Komunikasi Matematis.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 10:24
Last Modified: 18 Oct 2021 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum