PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BAWAH (SEMAK DAN HERBA) DI HUTAN PINUS PASEKAN WONOGIRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Kiki Novianti, NIM.: 16680019 (2021) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BAWAH (SEMAK DAN HERBA) DI HUTAN PINUS PASEKAN WONOGIRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BAWAH (SEMAK DAN HERBA) DI HUTAN PINUS PASEKAN WONOGIRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
16680019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BAWAH (SEMAK DAN HERBA) DI HUTAN PINUS PASEKAN WONOGIRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
16680019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan bawah (semak dan herba), mengembangkan booklet keanekaragaman tumbuhan bawah sebagai sumber belajar biologi dan mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan metode jelajah. Adapun teknik yang digunakan yakni eksplorasi, identifikasi, inventarisasi dan klasifikasi. Penelitian pengembangan booklet tumbuhan bawah (semak dan herba) ini terdiri dari tahap penelitian keanekaragaman tumbuhan bawah (semak dan herba) di Hutan Pinus Pasekan dan tahap pengembangan booklet keanekaragaman tumbuhan bawah. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket yang dikemas secara online berupa google formulir. Penelitian keanekaragaman menghasilkan 21 famili dan 56 spesies tumbuhan semak dan herba. Pengembangan desain layout booklet menggunakan CorelDraw 2018 dan penyusunan draft booklet menggunakan Microsoft Word 2013. Booklet ini dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 2 guru biologi dan 15 siswa kelas XI SMA IKIP VETERAN III Tambakromo. Kualitas produk booklet menurut ahli materi mendapatkan nilai 96% dengan kualitas sangat baik, ahli media mendapatkan nilai 78,1% dengan kualitas baik, peer reviewer mendapatkan nilai 89,7% dengan kualitas sangat baik, guru biologi mendapatkan nilai 92,1% dengan kualitas sangat baik dan respon siswa mendapatkan nilai 88,1% dengan kualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Booklet, Tumbuhan Bawah, Semak Dan Herba, Hutan Pinus Pasekan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 10:43
Last Modified: 18 Oct 2021 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum