MODUL SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Yuasma Hasna Lathifah, NIM.: 16680023 (2021) MODUL SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODUL SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI SUMBER BELAJAR)
16680023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODUL SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI SUMBER BELAJAR)
16680023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan berupa modul berbasis Augmented Reality (AR) pada materi Sistem Pencernaan Manusia sumber belajar variatif (2) Mengetahui kualitas dan kelayakan modul konsep Sistem Pencernaan Manusia berbasis Augmented Reality (AR) sebagai sumber belajar (3) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan modul konsep Sistem Pencernaan Manusia berbasis Augmented Reality (AR) sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan mengadaptasi model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Namun dalam penelitian tidak dilakukan tahap implementasi karena sumber belajar ini tidak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran pada situasi nyata di kelas.Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket yang dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi,5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan angket respon 15 siswa SMA Kelas XI. Berdasarkan penilaian kualitas Modul Sistem Pencernaan Manusia berbasis Augmented Reality (AR) dari ahli materi memperoleh presentase ideal 88% kategori sangat baik, penilaian ahli media memperoleh presentase keidealan 80% kategori sangat baik, penilaian peer reviewer 80% kategori sangat baik, penilaian guru biologi sebesar 88% kategori sangat baik, dan uji coba terbatas oleh 15 siswa SMA kelas XI memperoleh presentase keidealan sebesar 88% dengan kategori sangat setuju untuk digunakan sebagai sumber belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Modul, Augmented Reality (AR), Sumber belajar, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 10:55
Last Modified: 29 Oct 2021 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum