PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM IMUN UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL

Tyas Khofilla, NIM.: 16680033 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM IMUN UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM IMUN UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL)
16680033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM IMUN UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL)
16680033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengembangan E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul, (2) Mengetahui kualitas E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul, dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap produk E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) tetapi tanpa tahapan implementasi (Implementation). Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan lembar angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kualitas produk E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul yang dihasilkan kemudian dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan diujikan secara terbatas kepada 15 orang siswa kelas XI IPA di MAN 3 Bantul. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa: Pengembangan E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yakni Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation) yang dibatasi tanpa tahapan Implementasi (Implementation), Kualitas E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar pada materi pokok sistem imun termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan sebesar 88,78%, dan Respon siswa terhadap E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar pada materi pokok sistem imun termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan yang diperoleh sebesar 85,09%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun layak digunakan sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Noviar, S. Pd.,M. Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Problem Based Learning, Sistem Imun, Bahan Ajar.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 11:04
Last Modified: 29 Oct 2021 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum