PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS NEGERI 2 BANTUL

Nurul Latifah, NIM.: 17104010003 (2021) PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS NEGERI 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS NEGERI 2 BANTUL)
17104010003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS NEGERI 2 BANTUL)
17104010003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketika pandemi Covid-19 memasuki Indonesia. Dampak dari Covid-19 mengharuskan pembelajaran tetap berjalan meskipun siswa berada di rumah. Pendidik dituntut agar bisa memanfaatkan media online. Penelitian ini bertujuan mengkaji penggunaan media online pembelajaran PAI sistem daring masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran PAI sistem daring masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 2 Bantul dilaksanakan menggunakan media online e-learning, google classroom, whatsapp, google form, dan padlet. 2) Kesiapan guru PAI mengikuti pelatihan, pembelajaran otodidak dan bekerjasama dengan orang tua siswa agar penggunaan media online pembelajaran PAI sistem daring berjalan dengan baik. Kesiapan siswa diantaranya memahami cara penggunaan media online, mempersiapkan kuota, buku dan handphone. 3) Hasil belajar siswa selama penggunaan media online pembelajaran PAI sistem daring masa Covid-19, tidak semua siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena signal sulit dijangkau, kesadaran siswa akan tanggungjawabnya dalam mengerjakan tugas kurang, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Online Dalam Pembelajaran PAI Dengan Sistem Daring, Penggunaan Media Online, Penggunaan Media Online Masa Pandemi Covid-19.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Covid-19
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 13:10
Last Modified: 18 Oct 2021 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum