PERENCANAAN PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN AR-RIDWAN KABUPATEN CIREBON MENGHADAPI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB)

Umi Rif’atus Syayidah, NIM 17102040049 (2021) PERENCANAAN PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN AR-RIDWAN KABUPATEN CIREBON MENGHADAPI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN AR-RIDWAN KABUPATEN CIREBON MENGHADAPI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB))
17102040049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PROGRAM KEGIATAN PONDOK PESANTREN AR-RIDWAN KABUPATEN CIREBON MENGHADAPI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB))
17102040049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang ditetapkan dengan status darurat oleh pemerintah Indonesia. Status darurat berimbas pada pembatasan berbagai aspek kegiatan manusia. Pondok Pesantren merupakan salah satu institusi penyelenggara dakwah yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19 dan bisa menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Beberapa daerah memperbolehkan mulai mengaktifkan kembali kegiatan aktivitas pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program kegiatan di pondok pesantren Ar-Ridwan Kabupaten Cirebon menghadapi era AKB. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada gambaran keadaan objek yang ada dengan perolehan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan program kegiatan yang dilakukan pada subjek penelitian yaitu Pondok Pesantren Ar-Ridwan Kabupaten Cirebon. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah reduction data, display data, dan conclusing drawing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pondok Pesantren Ar-Ridwan melakukan perencanaan program kegiatan menghadapi era AKB secara garis besar dibagi menjadi dua tahap yaitu pra aktivasi pondok pesantren dan tahap aktivitas program kegiatan. Tahap pra aktivasi pondok pesantren dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk sterilisasi lingkungan pondok pesantren guna mempersiapkan kegiatan. Sedangkan tahap kegiatan berupa peniadaan program kegiatan, perubahan teknis program kegiatan, dan penambahan program kegiatan yang dilaksanakan Pondok Pesantren Ar-Ridwan Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Early Maghfiroh Innayati, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Program Kegiatan, Pondok Pesantren, Adaptasi Kebiasaan Baru.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 00:42
Last Modified: 19 Oct 2021 00:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum