ADAPTASI SISTEM EVALUASI KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DI AWAL PANDEMI COVID-19

DANING MARTANTI, NIM. 17102040075 (2021) ADAPTASI SISTEM EVALUASI KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DI AWAL PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI SISTEM EVALUASI KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DI AWAL PANDEMI COVID-19)
17102040075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI SISTEM EVALUASI KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL DI AWAL PANDEMI COVID-19)
17102040075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 membuka ruang komunal baru yang disebut dengan media sosial dimana masyarakat menjadi semakin mudah dalam menyampaikan aspirasi, saran, dan kritik terhadap kinerja pelayanan publik yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah, tak terkecuali pada KUA Panggang di Kabupaten Gunungkidul. Produktivitas KUA Panggang ditentukan dari kualitas sumber daya manusia dan penilaian kinerjanya, dimana pada awal masa pandemi Covid-19 harus disertai dengan adaptasi penyesuaian protokol kesehatan. Di tengah proses perubahan sosial akibat pandemi tersebut, penilaian yang tetap baik dari masyarakat terhadap kinerja pelayanan di KUA Panggang membuat peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam bagaimana adaptasi sistem evaluasi kinerja sumber daya manusia pada KUA Panggang di awal pandemi Covid-19. Penelitian ini mengacu pada teori Michael Armstrong tentang lima tahapan evaluasi kinerja yang meliputi: pencatatan dan analisis evaluasi kinerja, pengambilan sampel dokumentasi kinerja, identifikasi pengalaman evaluasi kinerja, survei sikap pegawai, dan pengkajian ulang peningkatan kinerja lembaga. Teori ini dipilih sebagai pisau analisis karena menekankan pembelajaran terus menerus dimana salah satu tahapannya adalah adaptasi yang ekuivalen dengan tema penelitian ini. Untuk menganalisis fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, dan metode analisis data interaktif Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada Kepala KUA Panggang, penyuluh, staf pengolah data, staf administrasi, dan dua orang masyarakat pengguna layanan KUA Panggang yang turut memberikan penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi sistem evaluasi kinerja sumber daya manusia pada KUA Panggang di awal pandemi Covid-19 telah berjalan baik yang dibuktikan dengan: Pertama, pencatatan dan analisis evaluasi kinerja melalui evaluasi formal dan non formal yang sebelum pandemi dilakukan secara luring telah beradaptasi menjadi daring. Kedua, baik sebelum dan setelah terjadi pandemi Covid-19 pengambilan sampel dokumentasi kinerja melalui pencetakan LKB, SKP, dan pengambilan dokumentasi foto, namun setelah terjadi pandemi jumlah dokumentasi foto dikurangi untuk mengurangi kontak kerumunan. Ketiga, identifikasi pengalaman evaluasi melalui evaluasi formal dan non formal dimana sebelum pandemi dilakukan melalui luring, setelah terjadinya pandemi juga dirubah secara daring. Keempat, survei sikap pegawai sebelum pandemi dilakukan melalui pengamatan oleh Kepala KUA Panggang, setelah terjadinya pandemi Covid-19 dilakukan dengan pengamatan koordinasi melalui grup whatsapp. Kelima, pengkajian ulang peningkatan kinerja lembaga sebelum dan setelah terjadinya pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan secara koordinatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bayu Mitra A. Kusuma, S.AP., M.AP., M.Pol.Sc.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kinerja, Sumber Daya Manusia, KUA Panggang, Covid-19
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:01
Last Modified: 19 Oct 2021 01:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum