PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA KEGIATAN LUMBUNG PANGAN DI MASJID PATHOK NEGORO AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN, BANGUNTAPAN, BANTUL TAHUN 2020

Ahmad Fauzi, NIM 17102040095 (2021) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA KEGIATAN LUMBUNG PANGAN DI MASJID PATHOK NEGORO AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN, BANGUNTAPAN, BANTUL TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA KEGIATAN LUMBUNG PANGAN DI MASJID PATHOK NEGORO AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN, BANGUNTAPAN, BANTUL TAHUN 2020)
17102040095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA KEGIATAN LUMBUNG PANGAN DI MASJID PATHOK NEGORO AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN, BANGUNTAPAN, BANTUL TAHUN 2020)
17102040095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masjid adalah suatu organisasi dakwah yang mempunyai peranan penting di masyarakat, sebagai sebuah organisasi, masjid juga harus menerapkan fungsi manajemen dalam pengelolaannya, sehingga bisa menjadi suatu organisasi yang efektif dan efisien. Masjid Pathok Negoro Ad-Darojat, Kauman Babadan, Kecamatan Banguntapan ,Yogyakarta menjadi tempat penelitian karena masjid ini merupakan salah satu dari empat masjid Pathok Negoro milik Kesultanan Yogyakarta yang pengelolaannya diserahkan langsung ke masyarakat sekitar. Dalam masa Pandemi Covid-19 ini, masjid ini mempunyai suatu kegiatan yang dinamakan dengan Lumbung Pangan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga dan masyarakat sekitar yang terkena dampak Covid-19 dengan memberi bantuan berupa sembako dan bantuan lainnya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu Ketua Takmir, Ketua Panitia Kegiatan Lumbung Pangan, dan Anggota Panitia Lumbung Pangan Masjid Pathok Negoro Ad-Darojat Kauman Babadan, sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen dan foto-foto kegiatan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu Credibilitas, Transferability, Confirmability. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan Fungsi Manajemen masjid Pada Kegiatan Lumbung Pangan di Masjid Pathok Negoro Ad-Darojat Kauman Babadan Kecamatan Banguntapan, Bantul Tahun 2020 Sudah menerapkan fungsi manajemen dengan baik mulai dari perencanaan dengan rapat internal panitia melalui rapat langsung dan rapat via online, pengorganisasian dengan membentuk panitia khusus lumbung pangan, penggerakan secara langsung dan online melalui media sosial WhatApp, serta pengawasan dengan membentuk dewan pengawas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Early Maghfiroh Innayati, S.Ag. M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, New Normal, Lumbung Pangan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:22
Last Modified: 19 Oct 2021 01:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum