OPTIMALISASI PROGRAM SEKOLAH SAUDAGAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN SPIRITUAL DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2020

Virga Sepdiartina Putri, NIM. 17102040108 (2021) OPTIMALISASI PROGRAM SEKOLAH SAUDAGAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN SPIRITUAL DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PROGRAM SEKOLAH SAUDAGAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN SPIRITUAL DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2020)
17102040108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PROGRAM SEKOLAH SAUDAGAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN SPIRITUAL DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2020)
17102040108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB)

Abstract

Fenomena pengangguran yang terjadi di Indonesia selalu mengakibatkan angka kemiskinan di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sebagaimana dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta yang sangat gelisah melihat fenomena meningkatnya angka kemiskinan khususnya di Kota Yogyakarta, dengan ini berinisiatif membuat Program Sekolah Saudagar untuk tempat saling belajar dan memberi motivasi serta melakukan pemantauan komitmen. Kegiatan ini sudah berjalan dari tahun 2017 hingga pada akhirnya kegiatan ini belum maksimal karena adanya pandemi Covid 19. Penelitian ini membahas mengenai upaya meningkatkan motivasi dan spiritual di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaksana, amil program dan juga mustahiq penerima manfaat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah Optimalisasi Program Sekolah Saudagar dalam Meningkatkan Motivasi dan Spiritual Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2020. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa optimalisasi program sekolah saudagar dalam meningkatkan motivasi dan spiritual di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta pada masa pandemi covid 19 tahun 2020 sedikit mengalami kehambatan dan belum maksimal. Tetapi kegiatan pertemuan program sekolah saudagar tetap dilaksanakan sebulan sekali dengan menggunakan via online dan juga kegiatan offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Kegiatan yang berupaya meningkatkan motivasi penerima manfaat seperti pertemuan sebulan sekali dengan mengadakan kegiatan seminar yang berisi tentang ilmu berbisnis dan upaya memenuhi kebutuhan penerima manfaat. Kegiatan yang berupaya meningkatkan spiritual dengan adanya kegiatan majlis ta’lim dan juga kegiatan S2 dan memenuhi jalan-jalan menuju tingkat spiritual yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munif Solihan, MPA.
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Motivasi dan Spiritual, BAZNAS Kota Yogyakarta, Pandemi Covid 19
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:46
Last Modified: 19 Oct 2021 01:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum