UPAYA PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pedukuhan IV Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan Bantul)

PRADHITA ELSYA SALSA, NIM. 17102050001 (2021) UPAYA PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pedukuhan IV Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pedukuhan IV Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan Bantul))
17102050001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEDAGANG KAKI LIMA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pedukuhan IV Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan Bantul))
17102050001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Upaya Pedagang Kaki Lima dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid-19 yang berlokasi di Pedukuhan IV Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, dengan rumusan masalah bagaimana upaya pedagang kaki lima dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dimasa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan upaya pedagang kaki lima dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dimasa pandemi Covid-19 di Pedukuhan IV Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan Bantul yang dimana bahwa dampak pandemi Covid-19 ini juga sangat berdampak kepada para pedagang kaki lima. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teori Hirarki Kebutuhan Abraham Malslow. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 4 narasumber yaitu para pedagang kaki lima di sekitaran Pedukuhan IV Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan Bantul dan 4 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk validasi data dengan menguji teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam upaya memenuhi kebutuhan rumah tangga berdasarakan tinjauan teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow dibagi menjadi 5 point, yang pertama dalam pemenuhan kebutuhan fisiologi meliputi sandang, pangan, dan pendidikan yang terpenting, dengan cara bekerja berjualan. Yang kedua dalam pemenuhan kebutuhan rasa aman yaitu dengan adanya pemasukan pendapatan para pedagang kaki lima berjualan, dikarenakan pendapatan yang masuk segera mungkin akan diolah baik untuk berbelanja stock atau untuk kehidupan sehari-hari serta menjaga kesehatan dimasa pandemi ini. Yang ketiga adalah pemenuhan cinta dan kasih sayang adalah dengan memberikan promo/bonus kepada konsumen agar menarik perhatian pembeli. Yang keempat adalah pemenuhan penghargaan disini konsumen memberikan tip/imbalan karena sudah diberi promo/bonus sebelumnya sebagai tambahan pendapatan. Terakhir yang kelima adalah pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri dimana para subyek dengan melakukan manajemen pemasaran/marketing untuk menarik minat konsumen seperti inovasi barang/produk jualannya, menggunakan system jual beli online, system antar jemput (COD), dan penurunan harga dimasa pandemi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan Kebutuhan, Abraham Maslow, Pedagang kaki lima
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:53
Last Modified: 19 Oct 2021 01:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum