Pendampingan Anak Putus Sekolah oleh Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul

Lisa Nur Kurniasih, NIM. 17102050007 (2021) Pendampingan Anak Putus Sekolah oleh Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pendampingan Anak Putus Sekolah oleh Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul)
17102050007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Pendampingan Anak Putus Sekolah oleh Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul)
17102050007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pendampingan Anak Putus Sekolah oleh Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul yang dilakukan selama bulan Juni 2020 hingga Februari 2021. Penelitian ini dilator belakangi oleh pentingnya sebuah pendidikan bagi setiap anak, yang nantinya akan meneruskan sebuah perjuangan bangsa. Dan anak agar terhindar dari berbagai masalah seperti masalah putus sekolah. Maka diperlukan pendampingan terhadap anak yang mengalami putus sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian apa faktor penyebab anak putus sekolah dan bagaimana pendampingan anak putus sekolah yang dilakukan oleh KKPA. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan Komite Kesejahteraan Perlindungan Anak dalam mendampingi anak putus sekolah yang ada di Desa Sumbermulyo. Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) merupakan organisasi yang terbentuk dari suara masyarakat untuk melindungi hak-hak anak yang ada. KKPA ini ada di setiap Desa dampingan GSM Putro Linuwih. KKPA yang berada di Sumbermulyo ini berada sejak tahun 2012 yang menangani dan mendampingi berbagai masalah sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori pendampingan. Subjek penelitian ini adalah 4 orang dari pengurus dan anggota KKPA yang telah melakukan pendampingan anak putus sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Dalam menguji teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Selain itu teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendampingan yang KKPA lakukan dengan membantu anak dalam memecahkan masalah, memberikan saran, nasihat. Pendampingan yang KKPA lakukan mulai dari tahap identifikasi, perencanaan pemecahan masalah, pelaksanaan hasil perencanaan, dan yang terakhir evaluasi..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, anak putus sekolah, KKPA
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:58
Last Modified: 19 Oct 2021 01:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum