RESILIENSI PEREMPUAN PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (STUDI KASUS PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR MUNTILAN)

Sri Rahayu, NIM 17102050049 (2021) RESILIENSI PEREMPUAN PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (STUDI KASUS PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR MUNTILAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI PEREMPUAN PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (STUDI KASUS PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR MUNTILAN))
17102050049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI PEREMPUAN PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (STUDI KASUS PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR MUNTILAN))
17102050049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Stigma di masyarakat dimana perempuan seharusnya berada di sektor domestik tidak pernah luntur. Sebagai perempuan yang bekerja, mereka tetap dibebankan untuk tidak melupakan kewajiban mereka di sektor domestik yaitu untuk mengurus pekerjaan rumah tangga. Kenyataan tersebut memberikan pengaruh pada psikologis para perempuan bekerja, dimana beban mereka menjadi lebih berat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resiliensi atau ketahanan psikologis pedagang perempuan sebagai pencari nafkah utama di pasar Muntilan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses atau level resiliensi pedagang perempuan sebagai pencari nafkah utama di pasar Muntilan yang dilakukakan terhadap 5 informan yaitu berbeda-beda. Ibu SR dan ibu S memiliki resiliensi yang lebih baik yaitu di level 4 (thriving/berkembang dengan pesat), sedangkan ibu T, ibu M, dan ibu ST berada di level 3 (recovery/pemulihan). Adanya dukungan keluarga baik secara sosial maupun emosional serta durasi waktu para pedagang menyandang status sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga mempengaruhi resiliensi para pedagang perempuan. Selain itu, informan yang memiliki anak masih sekolah menjadi lebih optimis dan bersemangat dalam mencari nafkah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pedagang Perempuan, Resiliensi pedagang, Dukungan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:21
Last Modified: 19 Oct 2021 02:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum