Harmoni Sosial Etnis Tionghoa dan Etnis Melayu dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural di Pecinan Senggarang Kota Tanjungpinang

SABRINA NURFADILAH, NIM. 17102050066 (2021) Harmoni Sosial Etnis Tionghoa dan Etnis Melayu dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural di Pecinan Senggarang Kota Tanjungpinang. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Harmoni Sosial Etnis Tionghoa dan Etnis Melayu dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural di Pecinan Senggarang Kota Tanjungpinang)
17102050066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Harmoni Sosial Etnis Tionghoa dan Etnis Melayu dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural di Pecinan Senggarang Kota Tanjungpinang)
17102050066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keragaman etnis yang ada di Indonesia dan harus hidup berdampingan. Penelitian ini menjelaskan benntuk-bentuk harmoni sosial yang terjadi di Pecinan Senggarang Kota Tanjungpinang antara etnis Tionghoa dan etnis Melayu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan yakni tiga warga kelurahan Senggarang etnis Tionghoa dan tiga orang etnis Melayu serta satu oang perangkat kelurahan yakni kepala seksi pembangunan pemberdayaan masyarakat di kelurahan Senggarang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan di Pecinan Senggarang masyarakat hidup secara harmoni dengan terdapat syarat bentuk harmoni sosial yakni adaptasi, memiliki tujuan, melakukan integrasi dan pemeliharaan pola terhadap kebiasaan-kebiasaan di masyarakat. Lalu menghasilkan suatu interaksi sosial yang terdapat di Keluarahan Senggarang. Interaksi tersebut terbagi dua yakni menguntungkan, meliputi kegiatan kerjasama, akomodasi dan akulturasi serta interaksi yang merugikan yakni berbentuk kontroversi, konflik dan persaingan yang terjadi di masyarakat kelurahan Senggarang. Dari adanya syarat harmoni dan menghasilkan interaksi tersebut yang masyarakat etnis Tionghoa dan etnis Melayu dapat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan ketentaraman dan kedamaian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Asep Jahidin, M.Si
Uncontrolled Keywords: harmoni sosial, pecinan Senggarang
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:27
Last Modified: 19 Oct 2021 02:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum