FAKTOR PENYEBAB TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP ISTRI (Di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Yogyakarta)

INAS FAUZIAH, NIM. 17102050074 (2021) FAKTOR PENYEBAB TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP ISTRI (Di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENYEBAB TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP ISTRI (Di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Yogyakarta))
17102050074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENYEBAB TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP ISTRI (Di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Yogyakarta))
17102050074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor yang menyebabkan tindak kekerasan terhadap perempuan daIam rumah tangga (2) Bagaimana dampak negatif korban kekerasan yang diaIami daIam rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga (2) dampak kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tipe penelitian menggunakan purposive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan, faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga yaitu: (1) Kondisi kepribadian suami-istri yang tidak stabil (2) kemandirian istri (3) perselingkuhan (4) pekerjaan istri (5) campur tangan pihak ke-3 (6) kebiasaan suami. Dampak dari kekerasan dalam rumah tangga sebagai berikut (1) dampak secara medis seperti mengalami luka secara fisik bervariasi dari luka ringan sampai ancaman kematian (2) dampak secara emosional seperti kecemasan berlebih, stress, percobaan bunuh diri, stress pasca trauma, susah makan, gangguan tidur, gangguan kepercayaan diri (3) dampak secara personal seperti menyalurkan dendam pada orang lain, mudah marah kepada orang kain dan sulit mengendalikan diri (4) dampak secara profesional seperti mengaIami gangguan daIam bekerja, Iebih banyak waktu digunakan untuk mengatasi persoaIan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: KDRT, Penyebab KDRT, Dampak KDRT
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:32
Last Modified: 19 Oct 2021 02:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum