EVALUASI SISTEM INFORMASI ELEKTRONIK KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (SI-EKA) DITINJAU DENGAN MODEL HOT FIT: STUDI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN

ISNAENI ARUM SARI, NIM. 17102040052 (2021) EVALUASI SISTEM INFORMASI ELEKTRONIK KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (SI-EKA) DITINJAU DENGAN MODEL HOT FIT: STUDI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI SISTEM INFORMASI ELEKTRONIK KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (SI-EKA) DITINJAU DENGAN MODEL HOT FIT: STUDI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN)
17102040052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI SISTEM INFORMASI ELEKTRONIK KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (SI-EKA) DITINJAU DENGAN MODEL HOT FIT: STUDI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN)
17102040052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Di era berkembangnya teknologi ini, tuntutan masyarakat luas akan transparansi kinerja lembaga pemerintahan semakin menguat. Tuntutan tersebut bertujuan agar pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah terus dapat ditingkatkan kualitasnya. Sebagai bagian dari sistem birokrasi pemerintah, Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja sumber daya aparaturnya melalui pelaporan kinerja secara berkala. Untuk itu, Kementerian Agama menciptakan sistem pelaporan kinerja melalui terobosan yang modern dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi yang disebut dengan Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (Si-EKA). Meskipun Si-EKA merupakan manifestasi dari penerapan teknologi informasi yang menjanjikan banyak kemudahan dan otomatisasi, namun faktanya belum semua instansi di bawah naungan Kementerian Agama mampu mengoptimalkan keberadaan Si-EKA sehingga isu tersebut menjadi menarik untuk dikaji lebih dalam. Penelitian ini mengacu pada model evaluasi HOT Fit yang menganalisis sistem informasi manajemen dari tiga aspek meliputi manusia (human), organisasi (organization), dan teknologi (technology). Model HOT Fit dipilih sebagai pisau analisis dalam mengkaji penerapan Si-EKA di Kantor Kementerian Agama Kebumen karena dinilai dapat memberikan penjelasan dan identifikasi yang komprehensif pada penerapan sebuah sistem. Untuk mengkaji fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan secara langsung kepada Kepala Kantor Kemenag Kebumen, Kasubbag Kepegawaian Kantor Kemenag Kebumen, serta pegawai Kantor Kemenag Kebumen. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Si-EKA di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen apabila ditinjau menggunakan model HOT Fit telah berjalan baik dengan rincian sebagai berikut: Pertama, pada aspek human, Si-EKA berjalan dengan baik terlihat dari pengetahuan pengguna, kemudahan penggunaan, serta kuantitas pegawai di Kantor Kemenag Kebumen yang mayoritas telah mahir mengoperasikan. Kedua, pada aspek organization, adanya dukungan teknis yang diberikan organisasi dalam penerapan Si-EKA berupa komitmen penyediaan fasilitas komputer disertai jaringan internet yang memadai dan kebijakan pimpinan yang memberikan dorongan kuat. Ketiga, pada aspek technology, terlihat dari kesesuaian antara kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan sehingga Si-EKA mampu diserap dan dipahami oleh pegawai Kantor Kemenag Kebumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bayu Mitra A. Kusuma, S.AP., M.AP., M.Pol.Sc.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi SIM, Kinerja ASN, Si-EKA, Kantor Kemenag Kebumen
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:31
Last Modified: 19 Oct 2021 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum