STRATEGI MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK HAJI (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019)

Nur Halimah, NIM. 17102040071 (2021) STRATEGI MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK HAJI (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK HAJI (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019))
17102040071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MANAJEMEN BIMBINGAN MANASIK HAJI (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019))
17102040071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu faktor yang menentukan para jamaah haji ialah pembimbingan manasik haji. Bimbingan manasik ini menjadi penting karena salah satu tolak ukur keberhasilan jamaah haji dalam menggapai kemabruran haji. Bimbingan manasik haji sesuai dengan peraturan pemerintah di tingkat kecamatan adalah 6 kali. Praktiknya terdapat masalah-masalah yang dihadapi oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Gondokusuman seperti dana yang terlambat turun sehingga pembimbingan jamaah yang berasal dari latar belakang yang berbeda termasuk lansia dilaksanakan sangat dekat dengan keberangkatan mengakibatkan jamaah tergesa-gesa dalam memahami materi, sulitnya mengumpulkan jemaah untuk mengikuti bimbingan manasik haji karna KTP tidak sesuai dengan yang terdaftar. Selain itu disebutkan bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) Gondokusuman lebih unggul dibanding dengan Kantor Urusan Agama (KUA) lainnya karena terdapat materi spiritual. Permasalahan-permasalahan tersebut menimbulkan pertanyaan bagaimana strategi manajemen di Kantor Urusan Agama (KUA) Gondokusuman dalam hal bimbingan manasik haji tahun 2019?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi manajemen yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Gondokusuman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan fokus pada fungsi manajemen bimbingan manasik haji. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini ialah teori G.R Terry yang mana didalamnya terdapat 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan selain itu Peneliti juga menggunakan analisis SWOT untuk melihat strategi yang digunakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Gondokusuman. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa strategi manajemen bimbingan manasik haji di Kantor Urusan Agama (KUA) Gondokusuman telah melaksanakan strategi manajemen bimbingan manasik haji dengan baik menggunakan jenis Strategi WO (Weaknesses – Opportunities) dan Strategi ST (Strengths- Threats). Strategi tersebut mengupayakan menutup kelemahan dari internal dengan memanfaatkan peluang dari eksternal serta Kantor Urusan Agama menguatkan kekuatan yang ada untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal sehigga bimbingan manasik haji dapat berjalan sesuai dengan perencanaan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen bimbingan manasik haji, Kantor Urusan Agama (KUA) Gondokusuman
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:35
Last Modified: 19 Oct 2021 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum