PERENCANAAN STRATEGI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN BIMBINGAN HAJI REGULER PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2019

Meisy Pujianti Ningrum, NIM: 17102040100 (2021) PERENCANAAN STRATEGI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN BIMBINGAN HAJI REGULER PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN STRATEGI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN BIMBINGAN HAJI REGULER PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2019)
17102040100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN STRATEGI PELAYANAN PENDAFTARAN DAN BIMBINGAN HAJI REGULER PADA SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2019)
17102040100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategi pelayanan haji pada Seksi PHU di Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang. Penelitian ini dilatarbelakangi atas kendala internal dan eksternal berupa kurangnya SDM Seksi PHU sedangkan animo masyarakat Tanjungpinang untuk mendaftar haji sangat tinggi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dimiliki belum dapat diakses online sehingga mengharuskan calon jemaah yang berurusan untuk datang langsung ke kantor yang jaraknya jauh dari kota. Sulitnya menyesuaikan kondisi jemaah mulai dari jemaah yang minta tahun keberangkatannya dipercepat sampai jemaah yang lost contact. Hal tersebut harus segera diatasi dengan menganalisis strategi dengan menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis sejauh mana perkembangan yang dapat memanfaatkan peluang untuk menekan kelemahan, serta meminimalisir semua kelemahan untuk menghadapi ancaman yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang berlaku pada sejumlah variasi, situasi, dan kondisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori proses perencanaan strategi yang dikemukakan Whelen & Hunger serta teori Analisis SWOT yang dikemukakan Freddy Rangkuti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan strategi pelayanan yang dilakukan Seksi PHU telah berhasil menerapkan empat indikator perencanaan strategi yakni meliputi pertama analisis lingkungan internal maupun eksternal, kedua merumuskan strategi berupa pengembangan visi, misi, dan tujuan, serta matriks SWOT. Ketiga mengimplementasikan strategi berbentuk penerapan program kerja berupa pendaftaran haji dan pelayanan manasik haji, serta pengorganisasian. Keempat evaluasi melalui rapat internal dan analisis IFAS dan EFAS berdasar analisis SWOT seksi PHU berada pada kuadran 1 hal ini dimaksudkan lembaga dalam kondisi yang berpeluang dalam meraih keamajuan secara maksimal, dan terus selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategi, Seksi PHU, Analisis SWOT
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:57
Last Modified: 13 Jul 2022 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum