PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT DALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH CHAIRIYAH MANSURIYAH JEMBATAN LIMA JAKARTA BARAT

MOHAMMAD MUZAMIL - NIM. 04422904, (2010) PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT DALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH CHAIRIYAH MANSURIYAH JEMBATAN LIMA JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT DALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH CHAIRIYAH MANSURIYAH JEMBATAN LIMA JAKARTA BARAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img] Text (PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT DALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH CHAIRIYAH MANSURIYAH JEMBATAN LIMA JAKARTA BARAT)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Menyusun kalimat dalam bahasa arab tidak dapat dipisahkan dari fungsi qawaid, karena qawaid adalah studi mengenai struktur kalimat, terutama dengan acuan sintaksis (nahwu) dan morfologis (sharaf), sehingga kaidah-kaidahnya mencakup hal-hal lain di samping I'rab dan bina' seperti concord (kesesuaian) dan word order (tata urut kata). Yang menjadi subyek dalam penelitian ini antara lain adalah Kepala Sekolah, guru bidang bahasa arab, karyawan, siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Chairiyah Mansuriyah Jembatan Lima Jakarta Barat. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul akan dianalisa menggunakan metode analisa statistic dan metode analisa non statistic. Pembahasannya menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Prestasi belajar bahasa arab siswa kelas II MTs Chairiyah Mansuriyah Jembatan Lima Jakarta Barat dikategorikan kurang atau rendah. Ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata (Mean) sebesar 49,22 yang berarti masih dalam taraf rata-rata yakni sebagian saja dari siswa yang menguasai mata pelajaran tersebut. Dalam kemampuan menyusun kalimat bahasa arab dikategorikan kurang atau rendah. Ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata (Mean) sebesar 53.44 yang berarti masih dalam taraf rata-rata yakni sebagian saja dari siswa yang mampu menyusun kalimat dalam bahasa arab. Untuk prestasi belajar siswa ini mempunyai hubungan erat dengan kemampuan menyusun kalimat bahasa arab. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai korelasi r,xy atau r,o sebesar 0.961 yang jauh lebih besar dari r,1 (r table) sebesar 0,232 pada taraf signikansi 5 % maupun sebesar 0.302 pada taraf signifikansi 1 %. Artinya ada korelasi positif yang signifikan antara prestasi belajar bahasa arab dengan kemampuan menyusun kalimat dalam bahasa arab. Tinggi rendahnya nilai prestasi belajar bahasa arab sangat kuat hubungannya dengan tinggi rendahnya nilai kemampuan menyusun kalimat dalam bahasa arab. Siswa yang lemah dalam bahasa arab, akan lemah pula dalam menyusun kalimat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nizar li, MA.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, kalimat bahasa arab, struktur kalimat, nahwu sharaf
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 01 Oct 2013 09:03
Last Modified: 05 Apr 2017 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum