PENGARUH POLA RELASI DALAM KEHIDUPAN SUAMI-ISTRI KARIER TERHADAP KESAKINAHAN KELUARGA DI KECAMATAN MERGANGSAN PERSPEKTIF MUBADALAH

Nur Azizah, NIM.: 16350012 (2021) PENGARUH POLA RELASI DALAM KEHIDUPAN SUAMI-ISTRI KARIER TERHADAP KESAKINAHAN KELUARGA DI KECAMATAN MERGANGSAN PERSPEKTIF MUBADALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA RELASI DALAM KEHIDUPAN SUAMI-ISTRI KARIER TERHADAP KESAKINAHAN KELUARGA DI KECAMATAN MERGANGSAN PERSPEKTIF MUBADALAH)
16350012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA RELASI DALAM KEHIDUPAN SUAMI-ISTRI KARIER TERHADAP KESAKINAHAN KELUARGA DI KECAMATAN MERGANGSAN PERSPEKTIF MUBADALAH)
16350012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pola relasi antara suami dan istri idealnya harus berlandasakan pada prinsip mu’asyarah bil ma’ruf (memperlakukan suami/istri dengan patut). Hal tersebut dapat ditandai dengan adanya pemenuhan hak dan kewajiban yang seimbang antara keduanya. Pada era modern saat ini terdapat sebuah fenomena yang disebut dual career atau pasangan suami istri karier. Pola relasi pada pasangan karier sering diidentikan dengan adanya beban kerja yang tidak seimbang antara suami dan istri dalam melakukan kinerja di ranah publik dan domestik. Adanya sterotype, tekanan sosial, dan tekanan mental yang dialami pasangan dapat menimbulkan perselisihan hingga berujung perceraian. Berangkat dari peristiwa tersebut, sebuah pemahaman tentang metode resiprokal dalam Islam dapat dijadikan pondasi awal untuk membangun pola relasi yang sejajar pada pasangan suami-istri karier. Prinsip tersebut yakni Mubadalah, dimulai dengan pembentukan pola pikir yang seimbang antar suami dan istri, dengan melakukan reinterpretasi terhadap teks-teks Islam yang berkaitan dengan isu-isu gender. Praktik pasangan suami-istri karier dewasa ini banyak dilakukan diberbagai daerah, salah satunya di Kecamatan Mergangsan Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan sifat penelitian kualitatif dan metode deskriptif-analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara dan studi pustaka. Metode ini diaplikasikan dengan mendeskripsikan praktik pola relasi yang terjadi pada keluarga pasangan suami-istri karier di Kecamatan Mergangsan dan menjelaskan Mubdalah sebagai sudut pandang untuk melihat relasi antara suami dan istri yang bersifat resiprokal. Pendekatan perspektif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekekatan normatif, gender, dan sosiologi. Dalam melakukan analisis terhadap data, penelitian ini menggunakan analisis deduktif. Praktik kehidupan pada pasangan karier di Kecamatan Mergangsan berdasarkan pembagian kerja diranah domestik dan publik dapat dikelompokan menjadi dua pola yaitu pertama pembagian pola kerja dengan sistem individual, Kedua pembagian kerja dengan sistem kolektif. Selain pengelompokan tersebut, terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi praktik kehidupan pasangan karier diantaranya adalah faktor-faktor yang melatarbelakangi para pasangan untuk berkakrier dan faktor-faktor pembentuk pola relasi pada suami-istri karier. Pola relasi pasangan karier berdasarkan pattern of relationship termasuk kedalam jenis senior-junior partner dan equal partner, sedangkan pola relasi suami-istri karier dalam perspektif mubadalah terbagi menjadi dua kategori yaitu Praktik Pola Relasi Mubadalah Yang Dilakukan Pada Semua Aspek Kehidupan Rumah Tangga dan Praktik Pola Relasi Mubadalah Yang Dilakukan Pada Sebagian Aspek Kehidupan Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mansur, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pola Relasi; Suami-istri Karier; Mubadalah
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Sosial, Relasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Dec 2021 09:34
Last Modified: 06 Dec 2021 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum