KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENGATASI PENYEBARAN COVID-19 STUDI TENTANG PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 21 TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Riza Millati Azka, NIM.: 16370007 (2021) KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENGATASI PENYEBARAN COVID-19 STUDI TENTANG PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 21 TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENGATASI PENYEBARAN COVID-19 STUDI TENTANG PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 21 TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
16370007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENGATASI PENYEBARAN COVID-19 STUDI TENTANG PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 21 TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
16370007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Awal Medio 2020, masyarakat dunia dikejutkan oleh Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menewaskan banyak nyawa di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Beberapa negara langsung merespon dengan caranya masing-masing. Akan tetap berbeda dengan Pemerintah Republik Indonesia yang terkesan abai. Ketidaktanggapan ini terlihat dari lambannya respon pemerintah, lemahnya struktur birokrasi dan disposisi yang tidak adaptif. Kemudian, lemahnya koordinasi antar-stakeholders. Selain itu ketidakpedulian warga terhadap imbauan pemerintah menjadi masalah yang tidak kalah pelik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analitis. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah yuridis-normatif, sehingga penelitian ini berusaha untuk menjawab dua pertanyaan; tentang bagaimana efektivitas penerapan PP No. 21 Tahun 2020 dalam penanganan Covid-19 oleh pemerintah persepektif kebijakan publik. Serta bagaimana pandangan Maslahah Mursalah terhadap efektivitas penerapan PP No. 21 Tahun 2020 dalam penanganan pandemi Covid-19. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa, PP No. 21 Tahun 2020 Tentang PSBB dalam perspektif maslahah mursalah, tidak efektif dalam mengatasi tha‟un yang bisa menjadi dharar dan dhirar. Meskipun PP No. 21 Tahun 2020 tersebut sudah diterapkan di antaranya dalam bentuk peliburan sekolah dan menggantinya (Al-Wasilah) dengan study from home. Kemudian rukshakh dalam kegiatan keagamaan utamanya salat Jumat agar dilaksanakan di buyuutikum. Serta pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum (Physical Distancing) antara mumridh yang satu dengan mumridh lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rizal Qosim, M.SI
Uncontrolled Keywords: PSBB; Covid-19; Maslahah Mursalah
Subjects: Covid-19
Hukum Islam
Kebijakan Publik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Dec 2021 09:04
Last Modified: 06 Dec 2021 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum