PEMBINAAN DISIPLIN SANTRI DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN)

Mr. Maposee Panawa, NIM.: 16220078 (2021) PEMBINAAN DISIPLIN SANTRI DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN DISIPLIN SANTRI DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN))
16220078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN DISIPLIN SANTRI DI SEKOLAH KHOIRIYAH WITTAYA MULNITHI PROVINSI YALA (THAILAND SELATAN))
16220078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Disiplin merupakan salah satu sikap yang dibina dalam pendidikan kepada para individu. Disiplin memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan manusia. Tanpa disiplin seperti kincir tanpa air, hidup akan berhenti, dan meskipun bergerak tentu tidak teratur dan tidak terarah secara baik. Disiplin adalah suatu tindakan atau sikap yang tidak serta merta muncul dengan sedirinya, akan tetapi memerlukan pembentukan yang berkelanjutan atau terus menerus. Dalam hal ini, lembaga pendidikan tidak dapat melepaskan diri dari tanggung jawab sosialnya sebagai sebuah pelaku yang akan mempersiapkan individu memasuki kehidupan dewasa di dalam masyarakat. Disiplin di dalam lembaga pendidikan, selain membentuk nilai melalui penyesuaian dan interiorisasi kebebasan individu, juga mesti menyatakan pembentukan kepekaan atas tanggung jawab sosial. Sebab, penanaman nilai moral diri individu tidak akan mencukupi jika diberikan sekadar melalui proses penjelasan nilai yang memberikan otonomi dan kebebasan individu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk pembinaan disiplin santri di sekolah Khoiriyah Wittaya mulnithi Provinsi Yala (Thailand Selatan). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabasahan atau kevalidan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini pembinaan disiplin santri di sekolah Khoiriyah Wittaya Mulnithi memiliki 5 (lima) bentuk pembinaan disiplin santri. Pembinaan disiplin santri di pesantren sekolah Khoiriyah Wittaya Mulnithi Provinsi Yala (Thailand Selatan) ini terdiri dari beberapa bentuk, yaitu keteladanan, pembiasaan, perhatian, teguran/nasehat dan hukuman. Hukuman di sini mempunyai tiga tahap atau tingkatan, yaitu hukuman terhadap pelanggaran ringan, pelanggaran sedang, dan pelanggaran berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., MA., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Disiplin, Santri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 21 Oct 2021 11:19
Last Modified: 21 Oct 2021 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum