HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MANAJEMEN KONFLIK SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Abdul Mun’im, NIM.: 16220082 (2021) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MANAJEMEN KONFLIK SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MANAJEMEN KONFLIK SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
16220082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MANAJEMEN KONFLIK SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
16220082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleksivitas permasalahan yang dialami remaja khususnya siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta sehingga setiap individu membutuhkan manajemen konflik yang baik untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hipotesis awal pada penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik siswa. Semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi pula manajemen konflik yang dimiliki siswa. Begitu juga sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional siswa maka semakin rendah manajemen konflik yang dimiliki siswa. Subyek dalam penelitian ini sejumlah 61 siswa kelas 9 SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan menggunakan dua skala yaitu skala kecerdasan emosional dan skala manajemen konflik. Teknik pengumpulan data pelengkap menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi uji koefisien Kontingensi dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan manajemen konflik siswa sebesar 0,498 dengan p=0,000 (p<0,001) taraf signifikansi 1%. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini diterima, yakni terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik siswa. Semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka akan semakin tinggi pula manajemen konflik siswa. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional siswa makan akan semakin rendah manajemen konflik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Citra Widyastuti, S.Psi., M.Psi
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Manajemen Konflik, Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 21 Oct 2021 10:04
Last Modified: 21 Oct 2021 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum