GERAKAN SANTRI MELAWAN COVID-19 : (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL FATAH TEMBORO KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2020)

Muhammad Akhyar Alidhhar, NIM.: 16230025 (2021) GERAKAN SANTRI MELAWAN COVID-19 : (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL FATAH TEMBORO KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2020). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN SANTRI MELAWAN COVID-19 : (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL FATAH TEMBORO KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2020))
16230025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN SANTRI MELAWAN COVID-19 : (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL FATAH TEMBORO KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2020))
16230025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang gerakan santri Pondok Pesantren Al Fatah Temboro dalam melawan virus Covid-19 serta sikap yang diambil oleh Pondok Pesantren Al Fatah Temboro untuk menghadapi virus Covid-19. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan informan menggunakan teknik purpose sampling. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif kemudian di analisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penyajian data dalam penelitian ini berbentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai data di lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam kondisi pondok yang berstatus menjadi klaster persebaran virus Covid-19 di Kabupaten Magetan santri bergerak untuk melawan virus tersebut dengan mempraktekan protokol kesehatan. Protokol kesehatan yang diterapkan di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro adalah sebagai berikut menerapkan pola hidup sehat dan bersih, menggunakan masker, penyemprotan disifektan dan penyediaan hand sanitizer, penggunaan detektor suhu, mengisolasi dan memantau santri, karantina wilayah, dan penerapan social distancing. Realisasi penerapan protokol di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro sudah berjalan sebagai mana mestinya. Adapun sikap pondok dalam menghadapi virus Covid-19 adalah meliburkan sebagian kegiatan, memulangkan santri ke rumah masing-masing, mempertegas santri dalam menerapkan protokol kesehatan, dan tetap menjalankan kegiatan belajar dengan patuh terhadap protokol kesehatan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pondok Pesantren, Gerakan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 21 Oct 2021 10:04
Last Modified: 21 Oct 2021 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum