IMPLEMENTASI MODEL KESUKSESAN DELONE DAN MCLEAN PADA SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PIDIE JAYA ACEH TAHUN 2019

Muhammad Nizarullah, NIM.: 16240019 (2021) IMPLEMENTASI MODEL KESUKSESAN DELONE DAN MCLEAN PADA SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PIDIE JAYA ACEH TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL KESUKSESAN DELONE DAN MCLEAN PADA SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PIDIE JAYA ACEH TAHUN 2019)
16240019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL KESUKSESAN DELONE DAN MCLEAN PADA SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PIDIE JAYA ACEH TAHUN 2019)
16240019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi model kesuksesan DeLone dan McLean pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) khusunya dalam pendaftaran jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif atau pencarian fakta. Subyek dalam penelitian adalah Kasi PHU, Staff PHU, dan calon jemaah haji yang mendaftarkan diri tahun 2019. Adapun yang menjadi obyek penelitian dalam penelitian ini adalah implementasi model kesuksesan DeLone dan McLean pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT). Sedangkan lokasi penelitian adalah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya Aceh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlambatnya diaplikasikan SISKOHAT di Kabupaten Pidie Jaya. Sebelum adanya SISKOHAT, pendaftaran ibadah haji, pengarsipan, pengurusan keuangan, sampai pembatalan ibadah haji dilakukan secara manual, sehingga sulit dikontrol secara cepat oleh pemerintah baik ditingkat Kabupaten/ Kota, Wilayah, maupun Pusat. Oleh karenanya, penting untuk ditinjau implementasi model kesukesan DeLone dan McLean pada SISKOHAT di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya khususnya dalam pendaftaran ibadah haji, untuk melihat efektivitas sistem informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan proses menarik kesimpulan. Teori yang digunakan adalah model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean, yaitu dengan merefleksi ketergantungan dari enam pengukuran kesuksesan sistem informasi (kualitas sistem, kualitas informasi, penggunaan, kepuasan pemakai, dampak individual, dan dampak organisasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model kesuksesan DeLone dan McLean dalam pendaftaran ibadah haji dengan menggunakan SISKOHAT efektif dilakukan di kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya Aceh Tahun 2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, model kesuksesan DeLone dan McLean, SISKOHAT, Pendaftaran Haji, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya Aceh
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 21 Oct 2021 10:02
Last Modified: 21 Oct 2021 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum