KETERTARIKAN PEMUDA DALAM BERTAREKAT : KAJIAN TENTANG KETERTARIKAN PEMUDA MASUK TAREKAT AD-DUSUQIYAH MUHAMMADIYAH DI KEBUMEN

Khotimah, NIM.: 1620011037 (2020) KETERTARIKAN PEMUDA DALAM BERTAREKAT : KAJIAN TENTANG KETERTARIKAN PEMUDA MASUK TAREKAT AD-DUSUQIYAH MUHAMMADIYAH DI KEBUMEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERTARIKAN PEMUDA DALAM BERTAREKAT : Kajian Tentang Ketertarikan Pemuda Masuk Tarekat Ad-Dusuqiyah Muhammadiyah di Kebumen)
1620011037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KETERTARIKAN PEMUDA DALAM BERTAREKAT : Kajian Tentang Ketertarikan Pemuda Masuk Tarekat Ad-Dusuqiyah Muhammadiyah di Kebumen)
1620011037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil fenomena terhadap Ketertarikan Pemuda Dalam Bertarekat Ad-Dusuqiyah Muhammadiyah Di Kebumen. Dari fenomena pemuda disini penulis akan mencari alasan Ketertarikan Pemuda Dalam Bertarekat dan dampak yang ditimbulkannya setelah bertarekat. Hal ini penting diketahui karena salama ini tarekat terkesan hanya diperuntukan atau diikuti untuk mereka yang sudah berusia tua dengan alasan usia tua merupakan usia rawan dalam arti usia untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Tuhan dengan rutinitas kesibukan kerja yang mulai berkurang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif yang hasilnya berupa kata-kata bukan angka dengan cara penulis terjun ke lapangan dalam pengambilan data melalui observasi untuk melihat fenomena anak muda bertarekat di lokasi penelitian, melalukan wawancara dengan para informan yang sudah penulis siapkan sebelumnya (terstruktur) maupun secara mengalir (tidak tersruktur) dan melakukan dokumentasi sebagai bukti penelitian ini dilakukan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ketertarikan pemuda bertarekat bukan sebagai pelarian dari unsur-unsur dunia, ketertarikan mereka bertarekat kebanyakan karena untuk ruhaniah. Tasawuf merupakan upaya penyempurnaan rohani sehingga manusia bisa mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada Tuhan melalui jihadunnafsi melawan hawa nafsu yang menyembul dalam kepentingan materi sesaat. Tasawuf merupakan kebutuhan ruhaniah yang perlu dicukupi melalui wirid dari Guru Mursyid agar mendapatkan ketenteraman dan kenyamanan hidup yang berdampak pada aspek sosial kemasyarakatan, etos kerja dalam mencukupi kebutuhan ekonomi dan meningkatnya semangat spiritual keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Sunarwoto, M.A.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Tarekat, Ad-Dusuqiyah Muhammadiyah, Ketertarikan Pemuda
Subjects: TASAWUF > Tareqoh / Tarekat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:13
Last Modified: 22 Oct 2021 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum